Seluruh Masjid di Jabar Gelar Shalat Ghaib untuk Emmeril Kahn Mumtadz

KLIKNUSAE.com – Seluruh masjid di Jabar gelar shalat ghaib hari ini, Jumat 3 Juni 2022, untuk almarhum Emmeril Kahn Mumtadz.  Putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mengalami musibah di sungai Aare, Kota Bern, Swiss.

Pengumuman shalat ghaib tersebut disampaikan melalui surat edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Barat, yang ditandatangi oleh Ketua MUI Jabar Prof Rachmat Syafei dan Sekretasi Umum HM Rafani Achyar, tanggal 2 Juni 2022.

Himbauan ini disampaikan setelah mencermati perkembangan pencarian Eril—panggilan Emmeril, termasuk adanya perubahan metode pencarian yang dilakukan otoritas pemerintah Kota Bern.

BACA JUGA: Doa Warga Jabar untuk Putra Gubernur Ridwan Kamil Terus Mengalir

Seperti juga keterangan yang diperoleh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Swiss bahwa status pencarian Eril, dari yang tadinya berstatus mencari orang hilang (mission person), kini berubah  status mencari orang yang tenggelam (drowned person).

“Hal ini mengisyaratkan bahwa orang yang dicari dimungkinkan  sudah meninggal dunia,” tulis keterangan resmi MUI yang diterima Kliknusae.com, hari ini.

Dengan memperhatikan keterangan dan penjelasan dari pihak keluarga, sebagaimana dijelaskan di atas.

BACA JUGA: Keluarga Gubernur Ridwan Kamil Terus Memantau Pencarian Eril

“Maka dengan memperhatikan syara’, jenazah harus segera dishalatkan. Dan karena jenazah tidak ditemukan maka shalat jenazah dilakukan dengan cara, Shalat Ghaib,” jelas MUI terkait Jabar gelar shalat ghaib.

Oleh karena itu MUI menyerukan kepada seluruh masyarakat muslim untuk melakukan shalat ghaib atas almarhum Eril disetiap masjid/mushala.

“Shalat Ghaib ini bisa dilakukan sebelum atau setelah sholat Jumat,” demikian himbauan MUI.

Asistem Pribadi Mengenang Eril Sebelum Musibah Terjadi

Sementara itu, rasa kehilangan masih menggelayut pada  kerabat, teman dekat hingga asisten pribadi almarhum Eril, Hendar Zaehanan.

BACA JUGA: Sinyal Ridwan Kamil ‘Tinggalkan’ Jawa Barat Menguat, Ini Kata Bima Arya

Hendar, asisten pribadinya merasakan ikatan yang kuat terhadap Eril. Bahkan, ia berharap putra sulung Kang Emil segera ditemukan dalam keadaan sehat.

“Batin saya suka merasa A Eril masih ada di sini,” paparnya, di kanal YouTube Intens Investigasi, Kamis 2 Juni 2022.

Tak hanya itu, Hendar juga merasakan Eril masih berada di kamarnya di Bandung. Saat jelang keberangkatannya, ia merasakan kejanggalan.

“Berasa di atas di kamar lagi senda gurau. Enggak ada batasan sama saya. Waktu mau berangkat juga agak aneh enggak seperti hari-hari biasa,” ungkapnya.

Hendar tak kuasa menahan tangisnya saat diperlihatkan foto Eril. Ia pun memanjatkan doa untuk Eril dan juga keluarga.

“Mudah-mudahan cepet ketemu ya, bapak ibu juga dikuatkan sama Allah. Saya juga di sini cemas menunggu, kabar yang baik. Selalu menunggu siang dan malam,” ungkapnya.

Ikhlan Melepas Kepergian Eril

Sementara itu, istri Gubernur Jawa Barat Atalia Praratya dalam unggahan di akun intagramnya, Kamis 2 Mei 2022 menyatakan keihklasannya untuk melepas kepergian Eeril.

“Mamah titipkan kamu dalam penjagaan dan perlindungan terbaik dari pemilikmu yang sebenarnya, Allah swt, dimana pun kamu berada…,” tulisnya.

“Insya Allah kamu tidak akan kedinginan, kelaparan atau kekurangan apapun. Bahkan kamu akan mendapatkan limpahan kasih sayang, karunia dan kebahagiaan yang tak pernah putus,”

Disini, di sungai Aare yang luar biasa indah dan cantik ini, mamah lepaskan kamu, untuk kita bertemu lagi cepat atau lambat.

Seperti yang pak walikota sampaikan,

“The city of Bern will forever be deeply connected to us…”

Doa terbaik mamah dalam setiap helaan nafas,

***

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya