Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Pariwisata Resmi , Ini Syarat-syaratnya

KLIKNUSAE.com – Seleksi masuk perguruan tinggi pariwisata resmi dibuka pada 1 Maret. Proses seleksi ini akan berlangsung hingga 27 Mei 2022.

Launching seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (SBMPTNP) 2022, langsung dilakukan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno secara hybrid di Politeknik Pariwisata Lombok, Nusa Tenggara Barat, kemarin.

Sandiaga dalam sambutannya  secara daring mengatakan pemerintah memiliki concern yang tinggi dalam hal mempersiapkan SDM pariwisata dengan kemampuan dan kompetensi terbaik.

BACA JUGA: Andar Danova Direktur Poltekpar NHI Bandung, Ini Tanggapan GIPI

“Untuk itu Kemenparekraf yang menaungi enam Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) membuka kesempatan kepada calon mahasiswa lulusan SMA, MA, SMK, dan lulusan luar negeri untuk menempuh pendidikan tinggi guna memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia,” kata Sandiaga.

Orientasi penerimaan mahasiswa baru tahun ini akan menitikberatkan pada karakter, kepribadian, minat, dan kemampuan sebagai calon insan pariwisata yang memiliki hospitality.

“Bagi generasi muda yang ingin kuliah di kampus keren, menghasilkan lulusan siap kerja, siap menciptakan lapangan kerja dan menjadi bagian dari insan pariwisata, kalian bisa kuliah di enam PTNP di bawah naungan Kemenparekraf,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, menjelaskan PTNP di bawah naungan Kemenparekraf menawarkan kesempatan bagi calon mahasiswa untuk memilih 42 Program Studi.

BACA JUGA: Persatuan Wartawan Dukung Deklarasi Kebangkitan Pariwisata Sultra

Masing-masing 19 Program Studi D4 dan 23 Program Studi D3 yang telah terakreditasi BAN-PT baik prodi dan institusi serta akreditasi Ted-Qual dari UN-WTO.

Rincian Program Studi

Dengan rincian sebagai berikut:

1.Politeknik Pariwisata NHI Bandung, menawarkan 10 Program Studi yang meliputi 6 Program Studi D4, dan 4 Program Studi D3;

2.Politeknik Pariwisata Bali, menawarkan total 8 Program Studi dengan rincian 5 Program Studi D4, dan 3 Program Studi D3;

3.Politeknik Pariwisata Makassar, menawarkan total 8 Program Studi, meliputi 4 Program Studi D4, dan 4 Program Studi D3;

BACA JUGA: Presiden Jokowi Minta Menparekraf Lakukan Re-Branding Danau Toba

4.Politeknik Pariwisata Medan, menawarkan total 8 Program Studi dengan rincian 2 Program Studi D4, dan 6 Program Studi D3;

5.Politeknik Pariwisata Palembang, menawarkan total 4 Program Studi, dengan rincian 1 Program Studi D4, dan 3 Program Studi D3;

6.Politeknik Pariwisata Lombok, menawarkan total 4 Program Studi, dengan rincian 1 Program Studi D4, dan 3 Program Studi D3.

Lebih lanjut, Ni Wayan Giri menjelaskan penerimaan mahasiswa baru PTNP tahun akademik 2022/2023, dilakukan melalui dua jalur.

Yaitu Seleksi Bersama Masuk (SBM) dengan kuota sebesar 60 persen atau sekitar 1.995 orang dan Seleksi Mandiri Masuk (SMM) dengan kuota 40 persen atau sebanyak 1.360 orang.

BACA JUGA: Realisasi Anggaran Kemenparekraf Mencapai 95,76 Persen

Jalur SMM Dibuka

Untuk jalur SMM akan dibuka penerimaan pada peminatan RPL Tipe A, kelas internasional, berprestasi, kerja sama, wirausaha, disabilitas, dan pemberdayaan masyarakat.

“Hal ini bertujuan untuk memperoleh calon mahasiswa baru yang unggul, berkualitas, kreatif, berjiwa wirausaha, berkepribadian Indonesia, dan berbudi luhur,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengemukakan salah satu kunci utama untuk mewujudkan pemulihan dan pembangunan pariwisata Indonesia, terletak pada kualitas dan kuantitas SDM.

Karena  bagaimanapun juga bisnis pariwisata adalah bisnis experience atau pengalaman yang sangat membutuhkan keterampilan dan inovasi dari setiap individu.

“Oleh karena itu saya berpesan kepada PTNP agar terus berkembang mengikuti perubahan zaman dan bahkan dapat mengantisipasi perkembangan industri ke depannya dalam kurikulum maupun tata kelola instansi sehingga kita bisa menghasilkan dan mempersiapkan SDM yang sesuai dengan kebutuhan dimasa yang akan datang,” ujar Angela.

BACA JUGA: Ada Dana 13 Triliun Untuk Perkuat Sektor Pariwisata Lewat Digital

Cara Mendaftar SBMPTNP

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar, dapat mendaftar melalui website sbmptnp.kemenparekraf.go.id yang sudah dapat diakses mulai Selasa, 1 Maret 2022 hingga 27 Mei 2022.

Dan akan melalui rangkaian kegiatan pendaftaran yakni

pelaksanaan ujian yang mencakup tes kemampuan dasar pariwisata (TKD), tes potensi psikotest (TPP), tes kemampuan bahasa Inggris (TKB). Dan, hasil kesehatan. Selanjutnya proses kelulusan dan pendaftaran ulang di PTNP pilihan.

Bisa Masuk Website Resmi Kemenparekraf

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar, dapat mendaftar melalui website sbmptnp.kemenparekraf.go.id yang sudah dapat diakses mulai Selasa, 1 Maret 2022 hingga 27 Mei 2022

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar, dapat mendaftar melalui website sbmptnp.kemenparekraf.go.id yang sudah dapat diakses mulai Selasa, 1 Maret 2022 hingga 27 Mei 2022

Untuk alur pendaftarannya sendiri, calon mahasiswa dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1.Calon peserta mengisi formulir registrasi awal yang telah disediakan melalui menu daftar di laman website;

2.Kemudian calon peserta akan menerima surat tanda bukti registrasi awal yang berisi nomor pendaftaran dan tata cara pembayaran melalui e-mail;

3.Dan dilanjutkan dengan calon peserta mencetak surat tanda bukti registrasi awal;

4.Selanjutnya calon peserta melakukan pembayaran sebanyak Rp250.000 untuk WNI dan Rp1.000.000 WNA sesuai tata cara pada surat bukti registrasi awal;

5.Dan dilanjutkan dengan calon peserta akan mendapat kata sandi yang tercetak pada bukti pembayaran dari bank;

BACA JUGA: Pertemuan Internasional GPDRR Momentum Mengenalkan Pariwisata Indonesia

6.Kemudian calon peserta melengkapi data pendaftaran dengan cara log in melalui menu sign in;

7.Calon peserta mengunggah pass photo untuk kartu peserta seleksi;

8.Kemudian calon peserta mencetak kartu peserta seleksi sebagai bukti peserta SBMPTNP.  Kartu peserta seleksi disarankan untuk segera dicetak setelah melakukan pembayaran;

9.Calon peserta kemudian menunggu pelaksanaan ujian. Jadwal pelaksanaan ujian akan disampaikan melalui laman SBMPTNP.

Disarankan untuk selalui memantau laman SBMPTNP untuk mengetahui informasi terbaru Seleksi masuk perguruan Tinggi Pariwisata .

Turut hadir dalam peluncuran SBMPTNP, Kepala Pusat Pengembangan SDM Kemenparekraf/Baparekraf, Faisal. Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kemenparekraf/Baparekraf, Norman Sasono; para Direktur PTNP; dan para tamu undangan.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya