Menparekraf Sandiaga Ajak HMI Ikut Bangkitkan Sektor Pariwisata

JAKARTA, KLIKNUSAE.com – Menparekraf Sandiaga ajak HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) ikut membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di masa pandemi COVID-19.

Sandiaga mengatakan HMI memiliki Sumber Daya Manusia yang berkualitas sehingga potensial menjadi agen perubahan pada sektor parekraf di masa pandemi COVID-19.

“Hari ini kita bersama dengan rekan-rekan HMI karena ingin berkolaborasi. Kita ingin menjadi fasilitator aktif,”  ujar Sandiaga di webinar Bincang Gema Nusantara PP HMI bertajuk “Masa Depan Pariwisata Indonesia di Masa Pandemi COVID-19”, Rabu 14 Juli 2021.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Sebut Desa Wisata Simbol Kebangkitan Ekonomi

Menparekraf Sandiaga Ajak HMI juga menjadi bagian dari agen perubahan, agen CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability), agen menghadirkan pariwisata era baru yang lebih bersih, lebih sehat, lebih selamat, dan juga lebih berkelanjutan.

Ditambahkan Sandiaga berkeinginan HMI turut membantu mengembangkan desa wisata.

“Saya yakin HMI bisa mengembangkan desa wisata, karena ada pendampingan SDM dari anak-anak HMI yang selain aktivis juga banyak yang berwirausaha,” ujarnya.

Ketokohan HMI Tak Perlu Diragukan

Disamping itu, lanjut Sandiaga, ketokohan HMI tidak perlu diragukan.

BACA JUGA: Anak Muda Harus Dilibatkan Dalam Pengembangan Desa Wisata

“Ketokohan itu di HMI sangat penting,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan ada tiga pilar utama dalam pemulihan pariwisata dan ekonomi kreatif yaitu dengan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

Pilar Inovasi diantaranya dengan pendekatan 360 derajat, big data, adaptasi melalui penerapan protokol CHSE serta dukungan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan.

BACA JUGA: Desa Wisata Bakas Jadi Pilot Project Pengembangan Destinasi Baru

Sehingga, nantinya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf Wisnu B. Tarunajaya menyampaikan harapannya agar HMI dapat turut serta dalam memajukan sektor parekraf.

“HMI mudah-mudahan ke depan selalu turut memajukan sektor parekraf terutama mendukung desa wisata,” ujarnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Bidang Pariwisata dan Kebudayaan PB HMI Sanipar, bahwa pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Menparekraf atas kepercayaannya terhadap HMI.

“Saya berharap kita dapat bersama-sama membantu pemerintah untuk mendorong sektor parekraf menjadi lebih baik,” ujarnya.

Partisipasi Semua Pihak Dalam Membangun Desa Wisata

Guna membantu memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memang diperlukan partisipasi dari semua pihak, khususnya di kalangan akademisi.

Sebab, dengan cara berkolaborasi ini diharapkan pengembangan pariwisata di Indonesia akan semakin cepat. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang, desa wisata menjadi salah satu andalan untuk dikembangkan.

Sebagaimana diketahui, desa wisata adalah suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung.

Elemen ini disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Kementerian pariwisata sendiri terus mendorong agar desa wisata bisa menjadi penumpang ekonomi nasional.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya