Bupati Cianjur Minta Wisatawan Lokal Bisa Viralkan Destinasi Baru

CIANJUR, Kliknusae.com – Pemerintah daerah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat mendorong agar wisatawan lokal ikut serta mempromosikan destinasi baru di berbagai kecamatan.

Caranya, bisa dengan memposting objek wisata baru melalui media sosial dan platform lainnya sehingga dapat meningkatkan angka kunjungan wisatawan dari luar daerah.

“Kita berharap dari kunjungan wisatawan lokal dapat membangkitkan kembali perekonomian, khususnya sektor wisata,” kata Bupati Cianjur Herman Suherman di Cianjur Jumat 14 Mei 2021.

Ia pun mehimbau para wisatawan lokal untuk ikut mempromosikan obyek wisata baru yang dikunjungi melalui akun media sosialnya.

“Harapannya,  kedepan dapat menarik minat wisatawan luar untuk datang setelah pandemi usai,” katanya.

Baca Juga: Hari Kedua Libur Lebaran Objek Wisata Cianjur Diserbu Pengunjung

Dikatakan Herman, meski objek wisata masih tertutup bagi wisatawan luar daerah, namun laporan hari kedua lebaran, tempat wisata andalan di utara Cianjur seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Savilage, ramai dikunjungi wisatawan lokal.

Selama ini, wisatawan luar daerah menjadi harapan besar pengelola dan pelaku usaha wisata di Cianjur, namun hal tersebut belum menjadi target saat ini mengingat  pemerintah daerah dan pusat masih konsentrasi memerangi Covid-19.

“Sekarang, kami sedang fokus mengatasi pandemi yang masih berlangsung agar dapat hilang dari Cianjur, sehingga seluruh wilayah kembali ke zona hijau dengan nol kasus positif. Saat semua wilayah kembali aman, Pemkab akan menggenjot kembali perekonomian,” ujar Herman.

Baca Juga: Okupansi Hotel dan Kunjungan Wisatawan di Cianjur Turun Dratis

Selama proses berjalan pihaknya mengimbau pengusaha dan pelaku usaha wisata untuk bersabar karena berbagai program telah disiapkan pemerintah, untuk promosi hingga membuat sentra produk unggulan Cianjur di satu lokasi, agar pemulihan ekonomi dapat berjalan dengan cepat.

“Saat ini, kesehatan masyarakat yang menjadi prioritas utama, kalau masyarakat sehat dan pandemi usai. Kita akan langsung fokus mengembalikan roda perekonomian yang terpuruk selama dua tahun terakhir,” katanya.

Baca Juga: Kang Emil: Ini Kelebihan Agrowisata Cianjur yang Bisa Jadi Instagramable

PHRI Minta Pemkab Tetap Berpihak Pada Pelaku Pariwisata

Sementara Ketua PHRI Cianjur, Nano Indra Praja berharap regulasi yang dikeluarkan pemerintah tetap berpihak pada pelaku usaha wisata karena beberapa waktu lalu pegawai hotel, tempat wisata dan pengelola rumah makan, sudah mendapatkan vaksinasi, sehingga terjamin kesehatannya.

Pihaknya berharap kelonggaran dapat diberikan pada wisatawan luar daerah dengan catatan mengantongi surat keterangan bebas COVID-19 antigen karena selama ini, pelaku usaha wisata di kawasan Puncak-Cianjur banyak mengandalkan pemasukan dari wisatawan luar kota seperti Jabodetabek. Namun selama ini calon wisatawan terpaksa balik kanan karena terbentur berbagai aturan.

“Kami berharap ke depan ada kelonggaran dengan catatan mematuhi prokes dan surat bebas COVID-19 antigen bagi wisatawan dengan tujuan Puncak-Cianjur. Kami pun sudah menyiapkan berbagai langkah termasuk vaksinasi untuk seluruh pegawai dan sterilisasi area hotel sebagai jaminan kesehatan,” katanya. (ANT/adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya