Pancing Kreatifitas Sineas, Disbudpar Tanjungpinang Gelar Workshop Perfilman

Kliknusae.com – Sebanyak 30 insan kreatif dan komunitas sinematografi Kota Tanjungpinang, berpartisipasi dalam acara Workshop Perfilman yang diselenggarakan oleh Disbudpar Tanjungpinang, Rabu (31/3).

Workshop tersebut, resmi dibuka Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Samsudi dan dihadiri Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Tamrin Dahlan beserta Kepala Dinas Kominfo, Ruli Friady.

Samsudi mengatakan pandemi memang membawa dampak di segala sektor, tak terkecuali industri perfilman. Bioskop di sejumlah wilayah terpaksa ditutup karena adanya pembatasan ruang untuk berkumpulnya masyarakat. Begitu pula kegiatan operasional dan produksi film yang harus dihentikan. Hal tersebut, tentu membuat industri perfilman tak bisa berputar.

Namun, kondisi ini membuat para kreator film dituntut agar tetap bisa menghasilkan sebuah karya film yang mempuni. Salah satunya dengan mengalihkan pola produksi melalui platform digital untuk penayangan hasil karya filmya. Platform tersebut yakni meliputi, Netflix, Viu, Video, YouTube, bahkan Facebook dan Instagram.

“Para sineas harus kreatif, jangan kalah dengan corona. Insan kreatif harus jadi pemenang. Hasilkan sebuah tayangan yang layak di tonton dan bisa diakses dimanapun dengan koneksi internet. Sehingga menjadikan popularitas sebuah film itu meningakat (viral),” kata Samsudi, dilansir dari Alreinamedia.

Melalui acara workshop ini, Samsudi berharap dapat membangkitkan semangat kreatifitas sineas yang ada di kota Tanjungpinang untuk menghasilkan karya film yang edukatif dan dengan tidak melupakan unsur pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kepada peserta, saya minta ikuti workshop ini dengan ikhlas dan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan nanti, ada film-film yang diproduksi oleh insan kretaif Tanjungpinang,” kata Samsudi.

Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi Kreatif, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tanjungpinang, Ratna menjelaskan kegiatan workshop ini akan berlangsung selama tiga hari. Mulai dari Rabu (31/3) hingga Jumat (2/4), di aula serba guna Hotel Nite and Day Tanjungpinang. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya