10 Tempat Wisata Sukabumi Nuansa Alam yang Asri. Seru & Bikin Segar!

Kliknusae.com – Sukabumi adalah kabupaten terluas ke dua di Indonesia. Selain itu kota ini terkenal dengan wisata Pelabuhan Ratu yang melegenda. Selain pantai Pelabuhan Ratu, Sukabumi menyimpan beragam destinasi menarik untuk kamu kunjungi.

Pilihan wisata alam Sukabumi cukup banyak. Ada pantai, danau, gunung dan lainnya. Berikut daftar tempat wisata Sukabumi yang ngehits!

Gunung Halimun Salak

Wisata alam ini terletak di Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Kabandungan, Sukabumi. Gunung Halimun Salak mempunyai luas 113.357 hektar, kawasan ini dijadikan sebagai hutan lindung. Tempat ini terdapat air terjun yang alami dan sungai yang bersih dan jernih.

Tak jarang tempat ini dijadikan wisatawan untuk berkemah atau sekedar menikmati alam. Untuk memasuki taman nasional ini kamu hanya perlu membayar Rp5 ribu setiap orang dan Rp3 ribu masing-masing untuk paket 10 orang.

Tebing Panenjoan

Tebing Panenjoan Sukabumi

Sumber: tripcanvas.co

Tebing ini berada di Desa Tamnajaya Kec Ciemas, Sukabumi. Nama tebing ini berarti tempat untuk memandang arau melihat.

Dari sini kamu bisa memandangi hamparan kota Sukabumi dari atas. Selain itu, dari Tebing Panenjoan kamu bisa menikmati pemandangan alam seperti curug, pantai dan lainnya.

Biaya masuk disin gratis hanya saja jika kamu membawa kendaraan akan dikenai biaya parkir mulai dari Rp3 ribu.

Situ Gunung

Danau Situ Gunung terletak di kawasan Taman Nasional Gede Pangrango Sukabumi. Keindahan tempat ini terlihat dari pepohonan yang mengelilingi danau jernih tersebut. Biaya untuk memasukinya sebesar Rp33 ribu, kamu akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan.

Jika kamu belum puas menikmati situ gunung, maka disarankan mencoba sensasi menginap di vila yang terdapat di sekitar kawasan tersebut. Umumnya harga vila ini disewakan sekitar Rp400 ribu untuk satu malam.

Goa Buniayu

goa buniayu

sumber: pikiran-rakyat.com

Siapa sangka Sukabumi menyimpan kecantikan yang tersembunyi. Goa Buniayu jadi permata yang seolah tersimpan dan dicari orang. B

agi kamu yang suka dengan petualangan alam yang  menawarkan pengalaman berbeda, disarankan untuk menjajaki goa yang terletak di Cipicung, Kerta Angsana ini.

Untuk berwisata ke sini kamu akan dikenakan biaya mulai dari Rp5 ribu. Namun jika kamu penasaran ingin meneusuri ke dalam goa, kamu disarankan untuk menyewa alat kemananan. Jika dibutuhkan, bahkan kau disarankan untuk meminta pemandu.

Jembatan Situ Gunung

Jembatan yang terletak di Jl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Sukabumi ini adalah jembatan gantung terpanjang di Indonesia. Jembatan ini cukup terkenal. Banyak orang yang mengunggah dan membahas destinasi ini di media sosial maupun televisi.

Jembatan ini memiliki panjang 250 meter dengan ketinggian dari tanah kurang lebih 150 meter. Dari atas sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

Pantai Cipanarikan

pantai cipanarikan

Foto: nia.fauzi

Selanjutnya, Pantai Cipanarikan bertempat di Ujung Genteng Sukabumi. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih yang lembut. Dengan air berwarna kehijauan dan ombak yang cukup besar.

Bukan hanya itu, kawasan ini terdapat juga sungai kecil yang rimbun ditumbuhi pohon bakau. Tempat wisata Sukanumi ini terletak di Gunungbatu, Ciracap, Sukabumi. Untuk datang ke sini sebenarnya tidak dipungut biaya hanya jika kamu membawa kendaraan, wajib membayar parkir.

Pantai Pangumbahan

Saat liburan tiba, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan. Pantai ini sering digunakan untuk berselancar, karena ombaknya cukup pas.

Belum lagi, pantai ini memiliki penangkaran penyu yang dapat dikunjungi bersama keluarga. Biasanya jika menjelang petang atau sekitar pukul 5 sore, kamu akan disuguhkan aksi pelepasan anak penyu ke lautan. Harga tiket untuk memasuki pantai ini sebesar Rp5 ribu per orang.

Curug Cigangsa

curug cigangsa sukabumi

Foto: @endang_sulaiman

Curug yang terletak di Desa Pasiripis, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi memiliki pesona alam yang indah. Banyak sekali wisatawan datang ke sini untuk mendapatkan hasil jepretan gambar untuk akunnya.

Tiket masuknya pun sangat terjangkau, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp3 ribu, dengan biaya parkir rata-rata Rp12 ribu.

Untuk berwisata ke sini, sebaiknya jangan saat musim hujan, karena batuan di sini sangatlah licin, ditambah lagi arus akan berubah menjadi tidak bersahabat.

Danau Batu Bacan

Tempat wisata eksotis di Sukabumi ini bernama Danau Batu Bacan. Tempat wisata Sukabumi ini berada di Desa Bojongharjo, Kecamatan Cikembar. Dinamakan demikian karena memiliki air yang warnanya cenderung hijau mirip batu bacan.

Dahulu, danau ini dijadikan pertambangan batu oleh masyarakat sekitar. Kemudian  tiba-tiba air muncul dan menggenangi kawasan tersebut hingga terbentuk sebuah danau yang indah.

Rafting Citarik

rafting sungai citarik sukabumi

sumber: indooutbound.com

Satu lagi wisata yang tak kalah menarik yakni Rafting Citarik. Sukabumi memiliki banyak sungai yang jernih, salah satunya adalah Sungai Citarik yang sering dimanfaatkan untuk Arung Jeram. Sungai ini memiliki panjang 44 km.

Rafting Citarik sudah terkenal sebagai tempat yang diminati oleh para pecinta olahraga air. Harga yang dipasang menyesuaikan dengan paket yang dipilih. Rafting di sini cocok ceenderung tidak terlalu ekstrim, jadi sangat cocok bagi pemula bagi yang ingin mencoba.

Bagaimana, Sudah bisa menentukan titik destinasi tempat wisata Sukabumi yang diinginkan?

Sebenarnya Sukabumi masih menyimpan destinasi lainnya. Jika kamu berniat untuk wisata ke kawasan sekitar Sukabumi, jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam ya! Baca artikel menarik lainnya di kliknusae.com.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya