Sandiaga Uno Sebut, Gede Ardika Peletak Dasar Kepariwisataan Nasional

Baca Juga: Mantan Menteri Pariwisata I Gede Ardika Meninggal Dunia

Hal tersebut ia tuangkan dalam buku berjudul “Pariwisata Berkelanjutan, Rintis Jalan Lewat Komunitas” yang diluncurkan pada tahun 2008.

“I Gede Ardika juga menjadi salah seorang pelopor pengembangan wisata desa di Indonesia,” kata Sandiaga.

Hal senada diungkapkan Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani.

Di era kepemimpinan Presiden Megawati Soekarnoputri, lulusan Akademi Perhotelan Nasional (APN) Bandung tersebut bekerja keras untuk mewujudkan bangkitnya kembali dunia pariwisata di tanah air sehingga bisa semakin berkembang.

Ia juga sebagai penggagas konsep wisata desa yang dipresentasikan pada Sidang Umum UNWTO di Santiago, Chili, pada tahun 1999 saat pengesahan Kode Etik Pariwisata Dunia (Global Code of Ethics for Tourism).

“Selamat jalan Bapak I Gede Ardika, Menteri Kebudayaan dan Pariwisata periode 2000 – 2004, dumogi polih genah sane becik, dumogi amor ing acintya (Semoga mendapatkan tempat terbaik, menyatu dengan Tuhan),” ucap Giri Adnyani.

Sebagaimana diketahui,  I Gede Ardika meninggal dunia pada Sabtu (20/2/2021) pagi di Bandung, Jawa Barat, sekitar pukul 07.46 WIB. Saat ini almarhum disemayamkan di rumah duka RS St. Boromeus, Bandung.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya