Inilah 5 Kawasan Dieng Baru yang Masuk Daftar Pengembangan

Kliknusae.com – Lewat audiensi bersama Menteri Sandiaga pada Kamis (18/2/2021), PLH Bupati Wonosobo presentasikan 5 kawasan dieng baru yang akan dibangun.

Pembahasan meliputi rencana pembangunan dan manfaat seperti menaikan potensi wisata serta membuka lapangan pekerjaan bagi warga sekitar. Kawasannya meliputi tempat pemandian, akses jalan serta wisata gunung.

Berikut 5 kawasan Dieng baru yang masuk dalam pembahasan

Telaga Menjer

Destinasi ini berada di Desa Maron, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Jarak dari pusat kota yakni 8 km ke sebelah utara. Telaga Menjer cukup luas, menjadikannya salahsatu pilihan tempat wisata.

Kali Anget

Merupakan pemandian air panas di dekat gunung vulkanik. Terletak di jalan raya Wonosobo – Dieng km. 3, Desa Kalianget, Kabupaten Wonosobo.

Koridor Jalan Baru Candiyasan – Keseneng

Tengah dibangun akses jalan yang melalui lereng Gunung Sindoro dan Sumbing. Jalan ini dibangun dengan maksud mendukung akses pariwisata Kawasan Dieng. Nantinya wisatawan yang datang akan lebih mudah dan nyaman.

Waduk Wadaslintang

Waduk ini terletak di Desa Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Waduk ini dibangun di tengah perbatasan Wonosobo dan Kebumen. Pengembangan waduk ini disertai dengan memindahkan beberapa desa yang masuk dalam peta pembangunan.

Gunung Lanang

Gunung ini merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Banjarnegara. Gunung Lanang terletak di Desa Mergolangu, Kecamatan Kalibawang Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Masyarakat sekitar menyimpan banyak mitos sakral di gunung ini.

Beberapa proses pembangunan kawasan baru ini masih memiliki permasalahan. Koridor jalan baru Candiyasan – Keseneng misalnya, pengalihan aliran sungai, hilangnya sumber mata air dan pengalihan lahan pertanian. Belum lagi, eksplorasi berlebih dikhawatirkan akan mengancam kelestarian kawasan tersebut. (JV/TSS)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya