Pariwisata Halal Makin Menjanjikan, Tumbuh 5 Persen Per Tahun

Secara umum, angka tersebut menunjukkan bahwa industri halal merupakan segmen yang berkembang dengan cepat.

Permintaan konsumen yang semakin meningkat menjadikannya salah satu aspek penting dalam perkembangan ekonomi global, termasuk pariwisata halal.

“Indonesia sebagai negara dengan populasi muslim terbesar kita memiliki potensi yang besar untuk menjadi pemain global, sayangnya Indonesia harus masih memaksimalkan potensinya dan mewakili kurang lebih 10 persen dari pengeluaran global 2017 dengan 3,8 persen ekspor,” kata Krisnamurthi.

Presiden Jokowi pun telah menekankan pentingnya pasar halal untuk memajukan ekonomi global. Pemilik bisnis harus memanfaatkan situasi ini untuk memperkenalkan produk Indonesia kepada masyarakat luar.

“(Presiden mengatakan) pasar halal ini adalah pasar yang sangat besar dan kita tidak boleh mengabaikannya karena ini adalah saat yang tepat untuk kita mengenalkan produk memperkenalkan produk kita dan kita tidak boleh tertinggal dan mengabaikan peluang ini,” kata Krisnamurthi.

Banten dan Jawa Barat telah memasukkan permohonan untuk menjadi zona industri halal di Indonesia. Itu bakal meningkatkan harapan agar provinsi lain bisa mengikuti kemajuan yang dilakukan kedua provinsi ini.

“Meningkatkan jumlah orang yang dapat memberikan sertifikasi halal melalui pelatihan dan pendidikan juga dibutuhkan untuk bisa memenuhi permintaan produk halal secara domestik dan internasional,” dia menambahkan.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya