Mengenal Sekolah Selam di Ujung Timur Indonesia

Selanjutnya pada 2008, 2012, dan 2014, Ombang Scuba Diving dikirim Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura untuk mengikuti kursus selam di Taman Laut Nasional BUNAKEN, Minahasa, Sulawesi Utara. Hasilnya, ada tujuh delegasi dari Ombang Scuba Diving berhasil meraih sertifikasi SSI (Scuba School International).

Berbekal sertifikat SSI dari para awak tersebut, Ombang Scuba Diving mendirikan Papua Diving Academy pada Februari 2019. Papua Diving Academy dikelola oleh 16 orang. Kini sekolah itu telah memiliki 50 murid atau penyelam pemula.

Lembaga ini juga melakukan berbagai kegiatan di laut, seperti melakukan kampanye lingkungan hidup (pelestarian lingkungan laut), mendidik siapa saja yang berminat melakukan selam, menyediakan modul-modul untuk anak-anak sekolah agar lebih memahami dunia bawah laut. Mereka juga mendukung program Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk memajukan daerah.

Kiprah Ombang Scuba Diving pun mendapat sambutan positif dari Pemerintah Kabupaten Jayapura. Bupati Jayapura Mathius Awoitauw memberikan apresiasi tinggi kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi untuk membina dan melatih generasi muda, secara khusus pemuda lokal di kawasan Teluk Tanah Merah, untuk belajar serta menjaga lingkungan alam bawah laut melalui akademi ini.

“Dari sisi pariwisata, tempat ini sangat menjanjikan dan memiliki potensi bawah laut yang sangat luar biasa. Tidak hanya itu, ada juga potensi sumber daya alam lain yang terkandung di dalam tanah serta di kawasan pesisir ini. Oleh sebab itu pemerintah daerah memberikan dukungan dan masyarakat lokal yang mengelola tempat ini harus menjaga tempatnya dari tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab di waktu-waktu mendatang,” papar Awoitauw.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya