Festival Panen Kopi Gayo 2019 Digelar November

Kliknusae.com – Festival Panen Kopi Gayo 2019 akan digelar 2-3 November mendatang. Semula event ini dijadwalkan pada pertengahan Oktober.

Seperti disitat dari laman pesona.travel, festival tersebut akan dipusatkan di Desa Gunung Suku, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Dengan mengambil moment panen raya di perkebunan-perkebunan Aceh Tengah.

Festival ini merupakan sebuah selebrasi atau perayaan hasil panen kopi yang melimpah. Harapannya, dapat menjadi ajang pemasaran kopi, sekaligus mengembangkan seni budaya dan pariwisata.

Hingga kini kualitas dan pamor kopi Gayo sudah diakui oleh dunia. Hal ini tentu dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat, khususnya para petani kopi. Terlebih, Gayo memiliki perkebunan kopi terluas di Indonesia, yaitu sekitar 120.000 hektare.

Di sisi lain, Kota Takengon menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Seperti pegunungan-pegunungan indah yang ada di Takengon. Ada pula area persawahan, air terjun, dan tentunya Danau Lut Tawar yang masih alami.

Dalam Festival Panen Kopi Gayo 2019, akan dimeriahkan beragam rangkaian acara, antara lain wisata dan bazaar kopi internasional, pagelaran budaya dan seni tradisional, serta pentas musik bertajuk Jazz Panen Kopi.

Di sesi wisata dan bazaar kopi internasional, pengunjung akan terlibat langsung dalam kegiatan memanen kopi. Termasuk seluruh proses pembuatan kopi mulai dari pembibitan hingga dapat dikonsumsi. Sementara untuk bazaar kopi, akan dipusatkan di tengah Kota Takengon.

Pagelaran budaya dan seni tradisional akan menghadirkan pertunjukan kesenian daerah dan permainan rakyat. Semua dapat dinikmati dan diikuti seluruh pengunjung, baik wisatawan maupun masyarakat Desa Gunung Suku.

Untuk Puncak Festival Panen Kopi Gayo 2019, menghadirkan pentas musik bertajuk Jazz Panen Kopi. Digelar di pinggir Danau Lut Tawar, di mana nantinya akan dibuat panggung dan warung-warung apung. Panitia akan memanjakan para pengunjung dengan berbagai kuliner serta racikan dan olahan kopi.

Festival Panen Kopi Gayo 2019 seakan menjadi bentuk wisata alternatif yang menggabungkan antara wisata alam, kuliner, dan budaya. Kemasan acara sudah cukup menarik karena memberi banyak kesempatan bagi pengunjung untuk ikut berpartisipasi di dalamnya.*** (IG/Foto pesona.travel)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya