Tari Ma’zani di Event TIFF 2019 Tomohon, Pecahkan Rekor MURI

Kliknusae.com – Pembukaan secara resmi Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2019 oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada Kamis (8/8/19) berlangsung meriah. Festival Bunga Tomohon sendiri diwarnai beragam acara yang digelar mulai tanggal 7 – 12 Agustus 2019 di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Pehelatan TIFF 2019 juga diwarnai dengan pemecahan rekor versi MURI. Tepatnya untuk ketagori penari Ma’zani terbanyak, dengan rekor sebanyak 1.530 orang. Mereka adalah guru-guru yang berasal dari Tomohon. Acara digelar di Jalan Walian, Kota Tomohon.

Tari Ma’zani, dulunya biasa dibawakan orang-orang tua, namun dalam TIFF 2019 dibawakan penari mayoritas berusia muda. Tariannya terdiri dari empat babak. Babak pertama bercerita tentang pengucapan rasa syukur dan permohonan kepada Tuhan agar hidup senantiasa diberkati Tuhan. Sedangkan babak kedua menceritakan semangat kerja di kebun, asal-usul Lahendong, dan Legenda Danau Linow.

Selanjutnya untuk babak ketiga menggambarkan suasana keceriaan memanen dan berpesta karena telah memiliki rumah baru atau kesejahteraan yang didapat dari hasil panen. Babak terakhir memiliki makna yang mendalam, yaitu mengajak seluruh masyarakat agar saling mengasihi dan menyayangi.

Melihat begitu semaraknya TIFF 2019, Menpar Arief Yahya pun sangat bangga dengan budaya daerah yang terus selalu dijaga dan dilestarikan.

“Budaya itu semakin dilestarikan, semakin mempunyai nilai. Semakin berharga. Oleh karena itu, pemecahan rekor MURI ini sangat bagus. Karena semakin banyak orang yang mengenal Tari Ma’zani. Ini akan membuatnya terus terjaga,” ujar Arief Yahya dikutip dari laman pesona.travel.*** (IG)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya