Curug Gorobog, “Surga” Tersembunyi di Sumedang Selatan

Suasana asri di sekitar Curug Gorobog, Sumedang. (Foto Ating/Kompepar)

Klik nusae – Kabupaten Sumedang yang terkenal sebagai “Puser Budaya Sunda” juga menyimpan banyak potensi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa masih tersembunyi, seperti di Sumedang Selatan yang memiliki air terjun yang cantik. Curug Gorobog namanya.

Lokasi Curug Gorobog berada di jalur menuju Margawindu. Tepatnya di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan. Berjarak kurang lebih 15 kilometer dari pusat kota Sumedang. Bukan hanya kesegaran air terjun yang disajikan, namun juga pemandangan alam sekitar yang masih hutan nan asri serta berudara sejuk.

Daya tarik yang utama yaitu curug ini memiliki tingkatan-tingkatan yang bisa didaki. Ketinggiannya kurang lebih mencapai 40 meter dengan tiga tingkat. Namun wisatawan diharapkan tetap berhati-hati jika ingin mendaki.

Menurut Ating dari Kelompok Penggerak Pariwsiata (Kompepar) Kecamatan Sumedang Selatan mengungkapkan, destinasi wisata alam ini biasanya ramai dikunjungi pelancong di saat hari libur panjang, seperti libur lebaran.

“Kalau libur lebaran Idul Fitri, Curug Gorobog sangat ramai, sampai macet hingga ke daerah bawah. Banyak pengunjung yang penasaran dengan curug ini. Selain itu juga banyak juga yang menuju Kampung Karuhun dan perkebunan teh di sebelah atas lokasi curug,” ujar Ating saat bertemu Klik nusae beberapa waktu lalu.

Kawasan hutan di Curug Gorobong masih terjaga. Pohon-pohon di sekitar Curug Gorobog menambah keasrian kawasan ini. Berenang atau bermain air bisa menjadi pilihan di sini. Lanskap alamnya yang indah juga sangat cocok untuk kegiatan fotografi.

Baca juga: Menikmati Keindahan Panorama Waduk Jatigede dari Tanjung Duriat

Rute menuju Curug Gorobog bisa menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat ataupun ojeg. Dari Alun-alun Sumedang bergerak ke arah timur menyusuri Jalan R.A. Kartini menuju ke daerah Citengah di sebelah selatan kota Sumedang. Dari Citengah dilanjutkan ke arah pegunungan Margawindu. Sebelum memasuki perkebunan teh Margawindu, terlihat gerbang di sebelah kiri jalan. Dari jalan raya itu tinggal menyusuri jalan kecil sekitar 500 meter menuju curug.*** (IG)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya