Berkunjung ke Taman Purbakala Cipari Kuningan

Altar batu salah satu peninggalan yang ada di halaman Taman Purbakala Cipari, Kuningan. (Foto JalajahNusae/Iwan)

Klik nusae – Saat berkunjung ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat jangan lupa mampir ke Situs Purbakala Cipari. Di sana pengunjung bisa mengenal peninggalan-peninggalan megalitikum dan sebagai bukti bahwa manusia purba yang bermukim di wilayah Cipari telah memiliki kebudayaan yang tinggi.

Lokasi Situs Purbakala Cipari berada di Kelurahan Cipari, Kecamatan Cigugur, sekitar 4,7 kilometer ke arah barat dari pusat kota Kuningan. Menurut petugas dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Serang yang berada di lokasi, area seluas 7.000 meter persegi ini, ditemukan tahun 1971 oleh seorang warga sekitar bernama Wijaya. Benda yang pertama ditemukan berupa jenis bebatuan yang mirip dengan batu yang pernah dipamerkan di Gedung Paseban Tri Panca Tunggal Cigugur.

Selanjutnya, informasi tersebut diteliti P.Djatikusumah dengan mengadakan penggalian percobaan, dan menghasilkan sebuah peti kubur batu, kampak batu, gelang batu dan gerabah. Kemudian tahun 1972 dilakukan identifikasi sebuah peti kubur batu yang merupakan salah satu ciri pengalaman hidup manusia masa prasejarah. Penelitian arkelogi secara sistematis di bawah pimpinan Teguh Asmar MA dari Direktorat Sejarah dan Purbakala.

Direktorat Jenderal Kebudayaan melakukan penggalian lagi pada tahun 1975, menghasilkan temuan peti kubur batu yang ke-2, perkakas batu perunggu, gerabah dan berkas-berkas bangunan prasejarah. Setelah itu dilakukan penggalian total dan membangun Site Museum Taman Purbakala Cipari pada 1976. Baru pada 23 Februari 1978 Taman Purbakala Cipari diresmikan Menteri Pendididkan dan Kebudayaan, Prof.Dr.Syarif Thayeb.

Saat ini, Museum Taman Purbakala Cipari menyimpan beberapa koleksi sejarah dari zaman batu, diantaranya berupa aksesori, perkakas, dan gerabah. Di halaman museum terdapat peti kubur batu, tempat pemujaan, dan tempat pertemuan yang terbuat dari batu-batu besar. Dilengkapi juga fasilitas tempat parkir, toilet, mushola, dan taman hijau.*** (IG)

 

 

 

 

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya