Puncak Darma,Spot Terindah Di Kawasan Geopark Ciletuh

Puncak Darma di Kawasan Geopark Cileteuh,Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat ini dikenal dengan spot tertinggi yang sangat instragramable. Foto:Jelajah Nusa/adhi

JELAJAH NUSA – Menuju kawasan Geopark Ciletuh,Kabupaten Sukabumi,Jawa Barat tak singgah di Puncak Darma,rasanya belum lengkap. Inilah  salah satu spot tertinggi yang ada di kawasan Ciletuh Geopark.

Puncak Darma memiliki ketinggian sekitar 230 mdpl. Kawasan Ciletuh Geopark jika dilihat bagaikan sebuah tapal kuda yang berbentuk setengah lingkaran. Dan dari Puncak Darma inilah Teluk Ciletuh dan Pantai Palangpang terlihat jelas membentuk sebuah setengah lingkaran yang cantik.

Tak hanya pemandangan laut dan samudera yang bisa kita lihat dari tempat ini, barisan rumah dan sawah terlihat membentuk sebuah petak-petak kecil layaknya sebuah diorama mini.

Sebelum tiba di Puncak Darma, Anda akan menemukan spot tersembunyi yang bernama Puncak Bunga Manik. Tempat ini tak kalah indahnya dengan pemandangan di Puncak Darma.

Foto:adhi

Nah, puncak Bunga Manik adalah spot yang bisa kita jumpai saat setengah perjalanan menuju Puncak Darma. Ditempat ini terdapat sebuah taman yang ditumbuhi oleh beberapa tanaman bunga yang indah.

Masih di lokasi ini  terdapat sebuah saung untuk tempat beristirahat setelah setengah perjalanan berjalan kaki menuju Puncak Darma.

Bisa dibilang bahwa tempat ini merupakan sebuah pos istirahat dengan pemandangan yang sangat luar biasa indahnya dan tak kalah dengan Puncak Darma.

Jadi jika kamu tak kuat melanjutkan perjalanan menuju Puncak Darma, tempat ini bisa menjadi tujuan utama sebagai pengganti Puncak Darma yang masih setengah perjalanan lagi.

Jalan berliku dan menanjak menuju Puncak Darma,Ciletuh memiliki sensasi tersendiri bagi wisatawan. Foto:Adhi

Pengunjung tak perlu khawatir. Fasilitas yang disediakan oleh pengelola Puncak Darma dan Puncak Manik  cukup lengkap. Mulai dari lahan parkir yang tersedia di kaki gunung Puncak Darma maupun lahan parkir yang tersedia di atas Puncak Darma.

Di kawasan Puncak Darma juga terdapat beberapa warung yang menjual beberapa makanan dan minuman bagi yang kelelahan setelah menaiki turunan dan tanjakan.

Ditempat ini pula terdapat toilet dan mushola yang bisa digunakan kapan pun dengan kondisi cukup bersih. Jadi, pengunjung tak perlu khawatir saat harus melakukan aktivitas relegi.

Jalan raya yang mulus bisa dilewati oleh seluruh jenis kendaraan hingga mencapai tujuan destinasi di kawasan Geopark Ciletuh. Foto:adhi

Selain itu, ditempat ini terdapat beberapa spot untuk berfoto dan beristirahat, mulai dari tempat duduk bambu hingga spot foto speedboat.

Puncak Darma menjadi spot terbaik dan paling banyak dicari untuk menikmati keindahan Pantai Palangpang dari atas sebuah bukit. Waktu terbaik untuk menikmati keindahan Ciletuh Geopark dari Puncak Darma adalah saat matahari terbit atau saat matahari terbenam.

Menikmati sunset adalah bagian yang ditunggu-tunggu para wisatawan yang berkunjung di Puncak Darma. Foto:adhi

Tak mudah untuk bisa tiba ditempat ini, kamu harus rela berjalanan kaki menanjak bukit sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalanan dengan berjalanan kaki. Perjalanan yang sulit dan lelah, semuanya akan terbayar dengan pemandangan yang indah diatas Puncak Darma.

Untuk bisa menikmati keunikan dan keindahan alam dari Puncak Bunga Manik, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk sebesar 3.000 rupiah/orang. Sedangkan tiket masuk untuk Puncak Darma adalah sebesar 5.000 rupiah/orang. Biaya lainnya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir kendaraan motor sebesar 3.000 rupiah/motor, dan untuk kendaraan mobil sebesar 5.000 rupiah/mobil.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya