Kadispar Riau Ajak Pelaku Pariwisata Ikut Anugerah Desa Wisata 2021

PEKANBARU, Kliknusae.com – Kementrian Pariwisata dan Ekonoomi Kreatif akan kembali melaksanakan ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021. Program acara pengembangan pariwisata Indonesia kali ini memilih tema “Indonesia Bangkit”.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengatakan bahwa ajang ini diharapkan membawa nama pariwisata Indonesia ke Dunia.

Dirinya juga menyebutkan, rangkaian program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 ini akan dimulai pada 30 April hingga 4 Desember 2021.

“Ditargetkan Kemenparekraf, sebanyak 700 peserta bisa ikut program ini. Alur registrasi online mulai 7 Mei – 26 Juni 2021 dengan cara membuka website Jadesta.com . Seluruh desa yang akan berpartisipasi dalam kegiatan ini, diharuskan untuk mengisi data-data pada form registrasi sebagai persyaratan utama yang harus dipenuhi,” kata Roni, dilansir Kliknusae.com dari Riaugreen, Senin, 24 Mei 2021.

Roni melanjutkan bahwa kegiatan ini menyasar seluruh lapisan masyarakat, meliputi pengusaha industri pariwisata dan ekonomi kreatif, pengelola desa wisata, komunitas kreatif, pecinta wisata desa, wisatawan domestik dan mancanegara.

“Saya harap pada ajang ini, selain berkompetensi diharapkan mampu berkoordinasi dan berkolaborasi antar desa wisata sehingga mampu meningkatkan kualitas destinasi maupun pelayanannya,” kata Roni.

Lalu tentang ajang tersebut, terdapat tujuh kategori penilaian, meliputi CHSE, Desa Digital, Souvenir (Kuliner, Fesyen, Kriya), Daya Tarik Wisata (Alam, Budaya, Buatan),Konten Kreatif, Homestay dan Toilet.

Sementara untuk kategori pengembangan pariwisata berkelanjutan penilaiannya antara lain tata kelola, ekonomi lokal, budaya dan pelestarian lingkungan. Penilaiannya akan diambil dari kontes desa digital, homestay, suvenir, konten  kreatif, daya tarik wisata, toilet dan CHSE. (*/JAV)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya