Pelindo 1 Pastikan Layanan Pelabuhan Tetap Berjalan

Kliknusae.com – Di tengah meningkatnya wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia, PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo 1 (Persero) pastikan pelayanan jasa kepelabuhan tetap dilakukan di seluruh wilayah kerjanya. Meliputi wilayah Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Riau dan Kepulauan Riau.

Pelindo 1 pun menerapkan pengawasan yang lebih tinggi dalam melayani penumpang dan bongkar muat barang melalui pelabuhan domestik maupun internasional, meningkatkan keamanan dan kebersihan lingkungan pelabuhan, serta areal terminal penumpang dan kantor.

Langkah pengawasan yang dilakukan Pelindo 1 dimulai sejak kapal akan bersandar di pelabuhan. Bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ke seluruh awak kapal dan kapal dapat dilayani setelah berstatus bebas karantina.

“Seluruh petugas operasional dan para pandu juga diwajibkan untuk selalu menggunakan masker khusus, Alat Pelindung Diri (APD), kaca mata, dan sarung tangan dalam melakukan tugasnya,” papar VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami, di Jakarta, Rabu (18/3/20), dikutip dari situs infopublik.id.

Fiona menambahkan, kebersihan lingkungan pelabuhan juga semakin ditingkatkan dengan melakukan berbagai langkah preventif, seperti desinfektasi terminal penumpang secara berkala, meningkatkan frekuensi pembersihan dan sanitasi areal terminal penumpang, khususnya pada bagian yang sering digunakan, seperti handle pintu, kursi, pegangan tangga, meja receptionist, automatic gate, dan lain-lain.

“Terminal Penumpang milik Pelindo 1 juga sudah dilengkapi dengan fasilitas thermal scanner, untuk pemeriksaan suhu tubuh para penumpang yang naik dan turun dari kapal,” tambah Fiona.

Selain itu, Pelindo 1 juga telah memasang papan informasi yang berisi tentang bahaya Covid-19 serta cara pencegahannya, menyediakan hand sanitizer, serta membagikan masker kepada para penumpang.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya