Disbudpar Kota Bandung Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Buatan

Klik nusae – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung melalui Bidang Kepariwisataan bekerja sama dengan Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) DPD Kota Bandung menggelar kegiatan “Pelatihan Pemandu Wisata Buatan”. Acara diselenggarakan di The Cipaku Garden Hotel, Jl. Cipaku Indah X No.2-4,Kota Bandung.

Pelatihan berlangsung selama empat hari dari tanggal 17 – 20 Juni 2019. Pembukaan dilaksanakan Senin (17/06/19) dan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang (Kabid) Kepariwisataan Disbudpar Kota Bandung, Nanang Sodikin yang mewakili Kepala Disbudpar Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari yang berhalangan hadir karena perjalanan dinas ke luar negeri.

Menurut Panitia Pelaksana dari Disbudpar Bandung, Rusmawan Gumira, pelatihan diikuti 40 peserta yang berasal dari Kota Bandung terdiri dari pemandu wisata, perwakilan destinasi wisata buatan, dan operator outbond.

“Maksud dari kegiatan ini yaitu dalam rangka pengembangan kepariwisataan dan pembinaan kemitraan serta peningkatan kualitas SDM dalam kepariwisataan bagi pemandu wisata buatan atau outbond di Kota Bandung,” ujar Gugum sapaan akrab Rusmawan Gumira.

Gugum juga menyampaikan materi yang akan disajikan dalam pelatihan, diantaranya kebijakan pariwisata di Kota Bandung, public speaking, communication skill, knowing your customer, pelayanan prima, SOP pramuwisata, K3LH, First Aid, problem solving, pengenalan experiential learning, AELI, botani, budaya Sunda, simulasi, dan evaluasi.

“Dari meteri di atas nanti para peserta akan dites dan dinilai oleh para senior dari HPI, kemudian kita berikan piagam peserta. Narasumbernya ada dari Disbudpar Kota Bandung, HPI, PMI, Komunitas Sunda,” tambahnya.

Kabid Kepariwisataan Disbudpar Kota Bandung Nanang Sodikin usai pembukaan kepada Klik nusae menjelaskan, pelatihan ini merupakan program Pemerintah Kota Bandung melalui Disbudpar bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pariwisata. Terutama untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan yang datang ke Bandung.

“Dalam tiga tahun terakhir ini, kami sudah melaksanakan kegiatan pelatihan-pelatihan salah satunya hari ini. Sebelumnya ada pelatihan supir bis wisata dan front office hotel. Materinya kita sesuaikan dengan tema pelatihan. Seperti sekarang tema pemandu wisata buatan kita kerja sama dengan DPD HPI Kota Bandung. Pelatihannya akan lebih banyak praktik,” jelas Nanang.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya