Spanyol, Destinasi Wisata “Moslem Friendly” Populer di Eropa

Klik nusae – Spanyol, bukan hanya terkenal dengan sepak bola dan Matadornya, negara di Eropa ini juga kini populer dengan wisata “moslem friendly”. Ada enam kota yang dapat dikunjungi di Spanyol. Rata-rata memiliki situs sejarah dan tujuan wisata yang unik.

Kota-kota tersebut diantaranya Madrid, Barcelona, Andalusia, Valencia, Pulau Balearic, dan Pulau Canary. Namun yang menjadi favorit dan populer di kalangan wisatawan muslim dunia, yaitu Cordoba dan Granada.

Di sana, para wisatawan muslim banyak yang menghabiskan liburan selama Ramadan. Ini karena waktu siang hari lebih lama dibandingkan malam hari. Selama Ramadhan, banyak kegiatan mengisi bulan puasa seperti semarak “Noches de Ramadan di Cordoba” yang diselenggarakan beberapa lembaga, diantaranya Casa Arabe, Dewan Kota Cordoba, dan Institut Halal. Kegiatan tersebut menyajikan pemutaran film, lokakarya, talkshow, pameran dan konser.

Untuk kebutuhan akomodasi, Spanyol kini sudah memiliki beberapa hotel yang dapat memenuhi kebutuhan muslim. Banyak hotel dengan pelayanan yang ramah kekeluargaan yang menyenangkan. Seperti Alanda Hotel Marbella sebagai hotel pertama yang memperoleh sertifikat dari Institut Halal.

Hotel tersebut menawarkan layanan yang ditujukan untuk wisatawan muslim, seperti hidangan yang sangat ketat, area khusus untuk sholat. Di kota seperti Madrid pun, turis akan menemukan hotel dengan petunjuk arah kiblat di setiap kamar.

Terkait makanan, Spanyol terkenal dengan santapan khas Mediterania dengan banyak resep yang didasarkan pada sayuran dan ikan. Ditambah ada banyak varian menu Arab. Produk dan layanan tertentu pun sudah tersertifikasi halal, terutama terkait dengan produk makanan. Namun kini sertifikasi halal juga semakin banyak diberikan kepada hotel, restoran, perusahaan kosmetik, dan pemandian.

Pilihan restoran halal di Spanyol sudah sangat beragam. Wisatawan bisa menentukan pilihan vegetarian atau hidangan dengan bahan-bahan yang diinginkan. Ada beberapa makanan khas Spanyol yang dapat dicoba, di antaranya gazpacho, paella, ajoblanco, dan pil pil cod.

Beberapa nama restoran yang sudah tersertifikasi halal, antara lain El Faro di Marbella dan Los Almendros di Cordoba dan di tempat-tempat tertentu. Mereka dapat menyiapkan hidangan menggunakan bahan-bahan yang diatur sesuai syariah atau hukum Islam, jika pengunjung sudah memesan terlebih dahulu. Bahkan ada restoran di Cordoba yang pertama kali mengkhususkan untuk menyajikan masakan halal, namanya Restoran Noor dengan chef Paco Morales.

Selain di hotel dan restoran, beberapa sarana publik juga menyediakan fasilitas ibadah, terutama ruang shalat bagi Muslim. Sarana publik yang menyediakan ruang shalat, di antaranya adalah bandara. Terdapat dua masjid di Bandara Adolfo Suarez Madrid-Barajas yang terletak di area publik dari pintu keluar terminal T2 dan T4. Di sana juga tersedia makanan halal yang disajikan di lounge VIP Aena.

Kemudian di Bandara Malaga-Costa del Sol ada ruang shalat di aula kedatangan terminal T3. Selanjutnya di Bandara Barcelona-El Prat, Bandara Gran Canaria, dan Tenerife Sur juga ada ruang doa tanpa gambar atau simbol agama.*** (IG)

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya