HOC BM-Pikiran Rakyat Siap Bersinergi Dalam Pengembangan Pariwisata

Direktur Bisnis Pikiran Rakyat Januar P Ruswita (kemeja hitam) menyempatkan foto selfie bersama dengan pengurus HOC BM,Jumat (26/10/2018) usai acara silahturami. Foto:Dok

JELAJAH NUSA – Pengurus Hotel Owners Club Indonesia Bumi Melati (HOC BM) melakukan kunjungan ke Kantor Pikiran Rakyat Jalan Asia Afrika,Bandung,Jumat (26/10/2018). Kunjungan ini bagian dari silahturahmi sekaligus memberitahukan bahwa HOC BM akan melangsungkan acara  deklarasi HOC BM, Minggu (28/10/2018).

Rombongan yang dipimpin Ketua HOC BM Teddy Achmad diterima Direktur Bisnis Pikiran Rakyat Januar P Ruswita dan Pemimpin Redaksi Harian Pikiran Rakyat Noe Firman.

Banyak hal yang disampaikan dalam kunjungan penuh kekeluargaan itu. Termasuk kondisi terkini yang dihadapi para pengelola hotel nonbintang.Industri pariwisata terus mengalami pergeseran yang begitu cepat sehingga mau tidak mau menuntut peningkatkan kualitas sumberdaya manusia di dalamnya.

“Oleh sebab itu,selain melakukan silahturami secara rutin,kami juga menyisipkan pelatihan untuk manajer dan karyawan,” kata Ketua HOC BM,Teddy.

Pelatihan yang dilakukan adalah terkait segala hal mengenai hospitality,mulai dari kebersihan,pelayanan,keamanan sampai teknologi informasi.

Ditambahkan Teddy bahwa upaya bersama perlu dilakukan oleh pengelola hotel nonbntang untuk menyikapi keadaan. Saat ini secara umum keberadaan hotel nonbintang menghadapi banyak tantangan,termasuk kompetisi menggaet pasar.

Di Kota Bandung misalnya, tingkat hunian hotel nonbintang pada akhir pecan atau libur relative baik. Ini karena Kota Bandung memiliki banyak destinasi menarik.

Secara sederhana,besarnya jumlah wisatawan yang datang bisa tersebar ke sejumlah akomodasi (hotel) yang tersedia,baik bintang maupun nonbintang. Tentunya kondisi tersebut,tergantung pada lokasi dan upaya pengelola hotel dalam menawarkan paket-paket atau program lainnya.

“Tapi kalau weekday memang sulit karena berkurangnya wisatawan yang berkunjung ke Bandung. Disinilah,tak jarang kami harus menurunkan harga kamar,” ungkap Teddy yang pada kesempatan itu juga didampingi Sekretaris Jenderal (Sekjen) HOC BM Rudi Atip dari Cassadua Hotel.

Sementara itu, Direktur Bisnis Pikiran Rakyat Januar P Ruswita mengucapkan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan pengurus HOC BM. Tentu silahturahmi ini menjadi sangat penting untuk terus menjalin kerjasama dikemudian hari.

“Banyak hal yang bisa dikerjasamakan. Apalagi dalam menghadapi persaingan global seperti sekarang,tentu sangat perlu untuk terus meningkatkan kualitas SDM perhotelan dengan melakukan pelatihan-pelatihan,” kata Yepi-sapaan akrab putra pendiri Pikiran Rakyat Atang Ruswita ini.

Ditempat yang sama,Sekjen HOC Rudi Atip mengemukakan bahwa pihaknya terus melakukan upaya peningkatkan SDM hotel nonbintang dengan melakukan pelatihan-pelatihan. Tujuannya adalah agar daya saing hotel nonbintang akan meningkat.

“Kami berharap upaya pembinaan ini juga datang dari pemerintah. Dukungan yang kami harapkan bisa dalam berbagai cara seperti kemudian perizinan,perpajakan dan pelatihan,” katanya.

Sekedar catatan, Bumi Melati ini sendiri sudah terbentuk sejak 2006 dan selalu mengadakan musyawarah dengan mengganti kepengurusan anggota setiap 4 tahun sekali. Bumi Melati didirikan oleh para pengurus PHRI Jawa Barat. Dan  pada tahun ini sudah terbentuk kepengurusan baru periode 2018-2022 dengan Ketua Teddy Achmad Rizaldi.

Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muchtar berharap dengan kepengurusan yang baru ini, sekaligus adanya perubahan menjadi HOC BM akan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan pariwisata di Jawa Barat. Tentu yang juga tak boleh dilupakan adalah bagaimana mengasa kemampuan atau keahlihan SDM hotel melati untuk bisa bersaing secara global.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya