Sekda Herman Ingatkan Kembali Pentingnya Pengelolaan Sampah, Jangan Kotori Citarum

KLIKNUSAE.com –  Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman menekankan pentingnya pengelolaan sampah mulai dari hulu dalam upaya mendukung program Citarum Harum.

Hal ini disampaikan dalam Rapat Koordinasi yang melibatkan Satgas Citarum Harum di Gedung Sate Bandung, Kamis sore, 10 Oktober 2024.

“Kami baru saja melakukan konsolidasi dengan Satgas Citarum Harum untuk menyamakan persepsi,” ujarnta.

“Gerakan yang sedang kami lakukan saat ini adalah pengelolaan sampah yang bijak, mulai dari mengurangi, memanfaatkan, hingga mendaur ulang sampah,” sambung Herman Suryatman.

BACA JUGA: Aplikasi Sapawarga Tawarkan Fitur Bank Sampah, Bisa Tingkatkan Efesiensi dan Efektivitas

Sementara itu, terkait pengelolaan sampah sejak dari hulu, Herman menekankan pentingnya penerapan konsep zero food waste di tingkat rumah tangga.

Caranya dengan memanfaatkan teknologi tepat guna pengolahan sampah. Misalnya dengan insinerasi, komposting, ataupun teknik pemrosesan lainnya.

Herman menegaskan bahwa pengelolaan sampah harus dilakukan dengan bijaksana. Dan,  yang sangat harus dihindari yakni membuang sampah atau limbah apapun ke sungai.

BACA JUGA: Great Bandung 2024 Luncurkan Konsep Unik, Bazaar Bayar Pakai Sampah

“Banyak teknologi (pengelolaan sampah), sehingga nanti sampah yang dikirim ke TPPAS Sarimukti bisa minimal, sungai Citarum bersih. Hingga akhirnya tidak terjadi ledakan sampah di Bandung Raya, pasti bisa!” ucapnya.

Herman berharap peran aktif semua pihak akan sejalan pula dengan upaya normalisasi Sungai Citarum oleh Satgas Citarum Harum, yang sampai hari ini tidak pernah lelah bekerja.

“Kita adumaniskan pengolahan sampah di hulu, dengan program Citarum Harum. Jadi jangan sampai sampahnya tidak dibuang ke TPPAS Sarimukti tapi malah dibuang ke Citarum, tidak boleh,” tegas Herman.

BACA JUGA: Situ Lembang Dipercantik, Penjabat Gubernur Bey Ikut Bersih-bersih Sampah

Kelestarian Sungai

Oleh sebab itu, ia meminta agar sampah dikelola dengan arif dan bijak mulai dari rumah tangga.

Sedangkan, program Citarum Harum hingga saat ini terus menjadi program utama dalam menjaga kebersihan dan kelestarian Sungai Citarum.

Dimana, program ini  merupakan salah satu sumber air penting bagi masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya. ***

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya