Festival Drama Basa Sunda Menjadi Perhatian Genzi, Pj Bey Macmudin Beri Apresiasi

KLIKNUSAE.com – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menyakini  festival drama basa Sunda di Gedung Rumentang Siang, Jalan Baranang Siang, Kota Bandung, akan menarik perhatian Genzi.

Genzi adalah sebutan untuk generasi Z yang lahir pada awal abad ke-21. Mereka menjadi generasi pertama yang tumbuh dengan akses internet  dan teknologi digital sejak usia muda. Genzi ini lahir di tahun 1997 hingga 2012.

Menurut Bey, selain melestarikan budaya, festival di Rumentang Siang juga akan meningkatkan penggunaan bahasa Sunda di kalangan generasi muda.

“Kami menyambut baik digelarnya festival drama basa Sunda ini. Karena menjadi salah satu cara melestarikan bahasa dan budaya Sunda,” ujar Bey Machmudin, Minggu 13 Okrober 2024.

BACA JUGA: Bey Machmudin Dorong Optimalisasi Bandara Kertajati untuk Pariwisata dan Umrah

Ia ditemui usai membuka Festival Drama Basa Sunda tingkat Umum ke – 22 tahun 2024.

Festival tersebut akan digelar hingga tanggal 19 oktober 2024. Pada hari pertama, masyarakat yang didominasi kalangan genzi sangat antusias terlihat dari penuhnya kursi penonton.

Bey juga terlihat menikmati suguhan drama berbahasa Sunda yang sarat makna.

BACA JUGA: Saung Angklung Udjo Raih Penghargaan “Sundanese Educational Tourism” dari CNN Indonesia

“Banyak sekali anak muda yang menyaksikan, ini sangat bagus. Saya juga sangat senang bisa menyaksikan teater berbahasa Sunda apalagi digelar di tempat yang melegenda ini,” tutur Bey.

Peserta festival ini berasal dari 20 kabupaten kota di Jabar. Bey berharap mendatang pesertanya semakin bertambah agar melahirkan banyak talenta muda berbakat.

“Saya harap ke depan lebih banyak lagi pesertanya agar melahirkan talenta muda atau seniman berbakat dan ini perlu dilakukan terus-menerus,” harapnya. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya