Event Barista Battle “From Bean to Cup” 2024 Sukses Digelar, Ini Pesan PHRI

KLIKNUSAE.com – Favehotel Hyper Square Bandung bekerjasama dengan Hotelier Barista Bandung dan Indonesian Food & Beverage Executive Association (IFBEC) sukses menggelar event Barista Battle “From Bean to Cup” 2024, Senin 9 September 2024.

Kompetisi ini diikuti 36 barista dari berbagai hotel, resto dan coffee shop di Kota Bandung, Jawa Barat.

Event ini merupakan kelanjutan event serupa yang pernah dilaksanakan pada tahun 2022 di Hotel Papandayan.

Abe Aang Tayudin selaku perwakilan dari Favehotel Hyper Square Bandung sebagai tuan rumah menyatakan apresiasi yang setinggi-tingginya terhadap kehadiran pasar peserta. Mereka telah menunjukan dedikasi sebagai professional dalam hal memathui jadwal perlombaan.

BACA JUGA: Bey Machmudin Terus Dorong Peningkatan Volume Ekspor Kopi dan Kakao Jawa Barat

“Selain sebagai ajang silahturahmi, event ini kita selenggarakan karena kita melihat coffee shop saat ini terus meningkat. Nah, kita berusaha (melalui para Barista) untuk tetap menjaga kualitas kopi yang dihasilkan,” kata Abe—yang juga Wakil Ketua IFBEC Ketika ditemui Kliknusae.com, Senin malam, 9 September 2024.

Terkait pilihan acara dilaksanakan di outdoor, lanjut Abe, untuk memberikan pesan kepada masyarakat bahwa sosok Barista itu seperti apa.

“Kita ingin mengenalkan lebih luas para Barista ini. Oh ini lho, kegiatan para Barista. Bagaimana mereka dengan keahliannya bisa menghadirkan produk kopi yang baik,” lanjut Abe.

BACA JUGA: Petani Kopi Wanoja Jabar Ekspor 7 Ton Kopi Arabika ke Arab Saudi

Kompetisi Tahunan

Abe pun berharap kegiatan seperti ini bisa  menjadi kompetisi tahunan yang akan selalu dinantikan oleh rekan-rekan barista.

“Harapan kami, semoga tahun depan kitab isa menyelenggarakan event sejenis dengan skala yang lebih besar lagi,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Dodi Ahmad Sofiandi mengemukakan bahwa event Barista ini merupakan suatu langkah yang positif dalam mengembangkan citra kuliner di Kota Bandung.

BACA JUGA: Lupa Pasang Harga Kopi, Kafe Ini Didenda 15 Juta, Nah Lho

“Terutama, terkait dengan keahlian para Barista dalam menciptakan minuman kopi yang berkualitas. Dengan event seperti kita, kita harapkan juga akan menarik wisatawan untuk datang ke Kota Bandung,” kata Dodi, usai memberikan sambutan dalam acara event tersebut.

Menurut Dodi, event ini sangat baik untuk memotivasi para Barista muda, bagaimana cara mengelola kopi dengan lebih baik lagi.

BACA JUGA: Festival Kopi Subang, Promosikan Kopi sebagai Potensi Unggulan Baru

“Kunci utama pada diri seorang Barista itu kan, bagaimana ia bisa mengolah kopi lebih baik. Tidak saja pada citra rasa, cara penyajian, tetapi juga kualitas kopi yang dihadirkan,” kata Dodi.

Apalagi dengan penilaian oleh dewan juri yang mumpuni, mereka ini diminta untuk bisa menghasilan 3 varian kopi.

“Dari sini, akan dipilih para Barista terbaik dalam hal meracik kopi,” lanjut Dodi. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya