Babakan Siliwangi Tetap Menjadi Favorit Wisatawan, Hutan di Tengah Kota

KLIKNUSAE.com – Akhir pekan lalu, ribuan pengunjung memadati Babakan Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat. Ruang terbuka hijau seluas 3,8 hektar di jantung Kota Bandung tersebut sedang menggelar sebuah event.

Ditemani udara sejuk dan rimbunnya pepohonan, kawasan ini kian menjadi pilihan favorit bagi keluarga. Baik mereka yang darang berpasangan maupun komunitas yang menggelar beragam aktivitas luar ruangan.

Mulai dari piknik, yoga, hingga fotografi, semua terwadahi di sini.

Tak sekadar tempat rekreasi, Babakan Siliwangi juga berfungsi sebagai panggung bagi seni dan budaya.

BACA JUGA: Puluhan Hotel di Kota Bandung Diretas, Hindari Dulu Pesan Kamar Lewat Google

Baru-baru ini, misalnya, seni ketangkasan Domba Garut kembali dihidupkan oleh Pemerintah Kota Bandung.

Atraksi yang memadukan tradisi dan keterampilan ini menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung. Perhelatan tersebut, salah satunya, adalah Wali Kota Bandung Cup 2024, yang menampilkan Domba Garut sebagai bintangnya.

Selain itu, fasilitas jogging track yang terawat dan spot-spot foto Instagrammable menambah nilai kunjungan ke kawasan hijau ini.

BACA JUGA: Okupansi Hotel di Kota Bandung Capai 98 Persen, Event BIFHEX tak Berdampak

Babakan Siliwangi tak hanya mengundang mereka yang ingin berolahraga, tetapi juga para pencinta seni dan budaya.

Sementara itu, Anita, seorang pengunjung setia yang rutin berolahraga di Babakan Siliwangi, mengaku senang melihat lonjakan jumlah pengunjung.

“Hari ini dan kemarin Baksil sangat ramai. Saya senang tempat ini jadi lebih hidup,” ujar Anita, 32 tahun, saat ditemui di lokasi, Minggu, 1 September 2024.

BACA JUGA: Taman Gandrung Terakota Memikat Perhatian Menparekraf, Seperti Apa?

Sedangkan, Andri (40) seorang pecinta seni ketangkasan Domba Garut, datang untuk menyaksikan perhelatan Wali Kota Bandung Cup.

“Saya senang akhirnya Babakan Siliwangi diaktifkan lagi. Sekarang, saya tidak perlu jauh-jauh untuk menikmati seni ketangkasan ini,” katanya dengan bangga.

Meningkatnya jumlah pengunjung membuktikan bahwa ruang hijau seperti Babakan Siliwangi tak hanya penting bagi kelestarian lingkungan. Tetapi juga mampu menjadi magnet wisatawan lokal. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya