Pelabuhan Perikanan Nusantara akan Diubah Jadi Destinasi Wisata Bahari

KLIKNUSAE.com – Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pengambengan di Jembrana, Bali rencananya akan  diubah menjadi destinasi wisata bahari.

Hal itu disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno saay berkunjung ke kawasan pelabuhan Perikanan Nusantara baru-baru ini.

Sandiaga menyatakan bahwa pengembangan PPN Pengambengan diharapkan dapat menjadi magnet baru bagi wisatawan di Kabupaten Jembrana dan.

Selain itu, juga bisa membantu mendistribusikan kunjungan wisatawan ke wilayah Bali Barat. Selama ini, wisatawan lebih banyak berpusat di Bali Selatan.

BACA JUGA: Bali Mulai Ditutup untuk Pemudik, Pelabuhan Gilimanuk Dijaga Ketat

“Hari ini saya berkoordinasi dengan Pak Menteri KKP untuk meninjau Pelabuhan Perikanan Nusantara. Kami melihat potensi besar untuk pengembangan wisata bahari,” ujar Sandiaga dalam keterangan persnya hari ini, Minggu 14 Juli 2024.

Dimana, nantinya akan terintegrasi dengan Pelabuhan Perikanan Nusantara yang akan direvitalisasi.

Menurut Sandiaga, visi pengembangan ini diharapkan mampu menarik minat wisatawan. Yaitu,  sebagaimana yang berhasil dilakukan oleh negara-negara tetangga dalam mengembangkan wisata bahari.

Sandiaga juga menambahkan, konsep dan paket wisata akan diintegrasikan dengan Banyuwangi, Jawa Timur, yang didukung oleh pembangunan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

BACA JUGA: Presiden, Jokowi: Pelabuhan Patimbang Harus Bisa Sejahterakan Rakyat

Tol Gilimanuk-Mengwi

Dimana pembangunan tol itu sendiri dijadwalkan selesai pada 2025 dan Tol Gilimanuk-Mengwi pada 2027.

“Dengan demikian, diharapkan wisatawan nantinya tidak hanya terfokus pada Bali Selatan. T,etapi juga menjelajah ke Bali Barat,” papar Sandiaga.

“Kami sangat berharap pemerataan pariwisata di Bali yang selama ini masih berpusat di Bali Selatan,” sambungnya.

Sementara itu, rencana pengembangan wisata bahari di PPN Pengambengan mencakup pemandangan matahari terbenam. Dan wisata kuliner yang strategis, berkat jalur tol yang akan melintasi dekat Pengambengan.

BACA JUGA: GIPI Jawa Barat Setuju Pengelola BIJB Diserahkan ke Swasta, Ini Alasannya

“Selain itu, berbagai destinasi alam buatan dan budaya. Termasuk taman air (water park), juga akan dikembangkan untuk menarik lebih banyak wisatawan ke Jembrana,” ungkapnya.

Dengan berbagai rencana pengembangan ini, diharapkan Pengambengan akan menjadi salah satu destinasi wisata bahari unggulan di Bali Barat.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Bupati Jembrana, I Nengah Tamba; Kepala Pelabuhan Perikanan Nusantara Pengambengan, Andi Mannojengi; dan Sekretaris Daerah Kabupaten Jembrana, I Made Budiasa.

Dengan langkah ini, diharapkan Bali Barat dapat bersinar dan menarik wisatawan dengan pesona wisata baharinya yang tak kalah dari kawasan lain di Pulau Dewata. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya