Menteri Pariwisata Sandiaga Sebut Sari Ater Jambore Run 2024 Penuh Petualangan

KLIKNUSAE.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Sandiaga Uno mengajak semua masyarakat untuk meramaikan event lari Sari Ater Jambore Trial Run 2024.

Acara yang akan berlangsung di Campervan Park, Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat Minggu 4 Agustus 2024 itu merupakan yang pertama kali di Indonesia.

“Ini event dengan konsep desa para pelari pertama di Indonesia. Memperkenalkan Jambore Trial Run dan Campervan sebagai event wisata alam. Mari kita jadikan momen ini sebagai kesempatan memperkaya pengalaman petualangan,” kata Sandiaga.

Tidak hanya itu, menurut Sandiaga, event ini tidak saja memiliki keunggulan karena bisa menjelajahi alam. Namun juga mendukung pengembangan destinasi pariwisata lokal.

BACA JUGA: Event Lari Tahunan “Sari Ater Jambore Trail Run” 2024 Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

“Sukses atas penyelenggaraan event Sari Ater Jambore Trial Run  2024. Majukan pariwisata ekonomi kreatif Indonesia,” tegas Sandiaga.

Sementara itu saat mengunjungi Desa Wisata Cisaat di Kecamatan Ciater, Selasa 23 Juli 2024, Sandiaga juga kembali mengingatkan rencana soal event lari ini.

Bersama General Manager Sari Ater Hotel & Resort Ari Hermowo sang menteri masih melihat  jadwal, apakah bisa hadir di acara tersebut.

“Mana staf saya, nanti coba saya liat ya jadwalnya,” kata Sandiaga di sela-sela melihat hasil industri kreatif warga Cisaat.

BACA JUGA: Wisata ke Sari Ater, Jangan Lupa Rasakan Sensasi Baru di Navasari, Mewah dan Memikat

Memasuki Tahun ke-3

Sebagai event tahunan,  sejak pendaftaran Sari Ater Jambore Trial Run 2024 dibuka langsung dibanjiri para pendaftar yang ingin ikut dalam event tersebut.

“Sampai hari ini, sudah mencapai 300 orang yang mendaftar. Dan, kami melihat peminatnya masih cukup tinggi,” kata M Akbar Rafsanzani, Manager Opersional PT. Arsipro Tama (Indorace) kepada Kliknusae.com, hari ini.

IndoRace selaku event organizer lari Sari Ater Jambore Trial 2024 yang sudah memasuki tahun ke-3 ini saat ini terus mematangkan persiapan.

“Biasanya pendaftar itu akan membludak saat mendekati pelaksanaan. Namun  karena kita juga akan ada pembatasan kuota, maka kami sarankan untuk lebih awal melakukan pendaftaran, bagi yang ingin ikut event ini,” lanjut Akbar.

BACA JUGA: Komunitas Volkswagen Club Bandung Gelar Camping Week di Sari Ater Campervan Park

Event lari ini dipastikan cukup menarik karena para pelari  akan diajak berlari melewati rute yang penuh tantangan, keindahan alam, dan petualangan tanpa batas.

Peserta juga akan merasakan pengalaman camping seru dengan para pelari dari berbagai daerah di Indonesia.

Dibanding event serupa pada tahun sebelumnya, kali ini ada rute yang diperuntukan untuk para profesional (atlet) yakni kategori Ultra 45 Km.

Kemudian ada kategori 17 Km (Medium) dan 8 Km (Starter).

BACA JUGA: 250 Keluarga Ikuti ‘Kemping Bersama Kembali ke Awal’ di Sari Ater, Ada Gimmic Lego Jadul

Barbeque di area Campervan

Gimmick lain yang bakal hadir yakni ketika para peserta mendapat tawaran untuk camping dan barbeque di area Campervan (Race Village) sebelum kategori 45KM memulai perlombaan.

Sebagamana diketahui, Sari Ater Jambore Trail Run 2024 akan dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, tanggal 3 dan 4 Agustus 2024.

Kalau tahun tahun sebelumnya ada Kategori  4,5KM sekarang diganti menjadi Kategori 45KM. Di mana jarak 45KM akan start di malam hari.

Para peserta akan melintasi area Perhutani Alam Wisata, Puncak Gunung Tangkuban Perahu dan mengeksplor kebun teh yang ada di kawasan Ciater dan sekitarnya.

BACA JUGA: Komunitas Volkswagen Club Bandung Gelar Camping Week di Sari Ater Campervan Park

Inilah yang bakal  menjadi tantangan tersendiri bagi peserta karena harus berlari di malam hari.

Tidak hanya peserta, panitia penyelenggara pun menjawab tantangan itu dengan cara berkolaborasi dari berbagai pihak.

Mulai dari Karang Taruna Kecamatan Ciater, Desa Nagrak,Desa Palasari, dan Desa Cibeusi. Selanjutnya, Perhutani Alam Wisata, TWA Gn.Tangkuban perahu, Tangkal Pinus Cikole, Asep Stroberi dan PTPN 8 .

BACA JUGA: Indonesia Naturhike Community Rayakan HUT Ke-2 di Sari Ater Campervan Park

Dengan pengalaman baru ini, peserta akan mendapatkan suasana Lari Trail (Lari Lintas Alam)  yang fresh.

Peserta tidak hanya akan sekedar Lari Melintasi Alam, mereka akan melewati 2 bukit, Gunung Tangkuban Perahu. Termasuk, perkebunan teh (Khusus Kategori 45KM.

Yaitu, dengan Elevasi masing-masing Kategori 45K memiliki Elevasi Gain 2326m,Kategori 17K memiliki Elevasi Gain 648m, Kategori 8K memiliki Elevasi Gain 303m.

Untuk info lebih lanjut bisa klik disini, atau bisa juga mengunjungi laman www.racewoxx.com. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya