Mendorong Desa Wisata Cisaat Juara Anugerah Desa Wisata Indonesia 2024

KLIKNUSAE.com – Pemerintah daerah Subang, Jawa Barat cukup serius mempersiapkan Desa Wisata Cisaat di Kecamatan Ciater untuk bisa meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Untuk itu Penjabat Bupati Subang, Dr Imran wara-wiri mengunjungi Desa Cisaat untuk melihat langsung persiapan yang dilakukan.

Salahnya datang ke  Smart Hill, sebuah destinasi unggulan yang terletak di  Desa Wisata Cisaat.

Dr. Imran menyoroti potensi besar Desa Wisata Cisaat sebagai destinasi wisata edukasi. Berbagai program dan fasilitas di desa ini dirancang untuk mendukung pengembangan pariwisata berkelanjutan dan pendidikan masyarakat.

BACA JUGA: Menteri Pariwisata Sandiaga Sebut Sari Ater Jambore Run 2024 Penuh Petualangan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno didampingi Pj Bupati Subang Imran ketika berkunjung ke Desa Wisata Cisaat, Selasa 23 Juli 2024. Foto: Kliknusae.com/Adhi

“Kami sangat bangga dengan upaya yang telah dilakukan oleh masyarakat Desa Cisaat. Khususnya, dalam mengembangkan potensi wisatanya,” kata Imran.

“Kawasan Smart Hill ini menunjukkan inovasi dan komitmen dalam memajukan pariwisata berbasis edukasi,” tambahnya.

Ia pun mengajak seluruh warga Subang untuk memberikan dukungan penuh kepada Desa Wisata Cisaat dan desa-desa wisata lainnya di Kabupaten Subang.

Peninjauan ini merupakan bagian dari persiapan Desa Wisata Cisaat untuk mengikuti ADWI 2024. Sebuag, ajang bergengsi yang mengapresiasi desa-desa wisata terbaik di Indonesia.

BACA JUGA: Sari Ater Kembali Berangkatkan Karyawan untuk Mengikuti Ibadah Umrah

Pengrajin pahat kayu berukir menampilkan karyanya dalam acara kunjungan kerja menteri pariwisata ke Desa Cisaat, Selasa 23 Juli 2024. Foto: Kliknusae.com/Adhi

Inovasi dan Program Unggulan

Desa Wisata Cisaat diharapkan dapat meraih penghargaan tersebut melalui berbagai inovasi dan program unggulan yang telah dikembangkan.

Anugerah Desa Wisata Indonesia adalah penghargaan yang diberikan kepada desa-desa wisata di Indonesia. Terutama, terhadap desa-desa yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam mengembangkan pariwisata berbasis masyarakat dan berkelanjutan.

Sementara itu, ajang ini sendiri bertujuan mendorong pengembangan desa wisata yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing tinggi.

Sebegaimana diketahui, selama ini Desa Wisata Cisaat dikenal sebagai desa wisata edukasi dengan berbagai fasilitas. Tak terkecuali, berbagai  program yang mendukung pembelajaran dan pengembangan masyarakat.

BACA JUGA: Menteri Pariwisata Sandiaga Rekomendasikan Desa Wisata Cisaat untuk Wisatawan

Beragam kerajinan dihasilkan warga Desa Cisaat. Salah satunya adalah seni membatik yang ditapilkan wanita ini saat Menteri Sandiaga Uno berkunjung ke desa ini, Selasa 23 Juli 2024. Foto: Kliknusae.com/Adhi

Sedangkan, kawasan Smart Hill menjadi salah satu destinasi unggulan yang menawarkan pengalaman wisata edukatif dan berkelanjutan.

Banyak perusahaan besar yang turut andil menjadi bapak angkat terhadap pegembangan desa wisata ini. Salah satunya adalah PT Sari Ater–selaku pengelola Pemandian Air Panas Alami.

“Kami sangat mendukung upaya Desa Cisaat menjadi satu dari sekian banyak desa di Subang untuk menjadi kawasan destinasi unggulan. Selama ini, kita juga sering memberikan pendampingan atau pembinaan dari aspek pengelolaan wisata,” kata General Manager Sari Ater Hotel & Resort, Ari Hermowo. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya