Kemenparekraf Siapkan Dana Awal Rp2 Triliun untuk “Indonesia Quality Tourism Fund”

KLIKNUSAE.com – Dalam sebuah rapat pimpinan yang berlangsung di Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin 8 Juli 2024,  membahas perihal “Indonesia Quality Tourism Fund”.

Turut hadir dalam rapat tersebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno serta Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo.

Sandiaga Uno, usai rapat, mengungkapkan bahwa atas arahan Presiden, telah diputuskan untuk membentuk Indonesia Quality Tourism Fund.

Dana abadi ini, yang akan memiliki alokasi awal sebesar Rp2 triliun, akan rampung regulasinya pada Agustus ini.

BACA JUGA: GIPI Jabar Ingatkan Program Tourism Fund Harus Tepat Sasaran

“Dana tersebut akan dialokasikan dalam RAPBN 2025. Melalui pengelolaan yang tepat, kami pastikan event-event berkualitas internasional bisa digelar dengan baik,” kata Sandiaga.

Dengan penyelenggaran event yang berkualitas, lanjut Sandiaga, akan memiliki dampak ekonomi signifikan, membantu pergerakan wisatawan. Serta mampu mengangkat nation branding Indonesia.

Sementara itu, dalam rapat yang juga dihadiri Presiden Terpilih Prabowo Subianto ini mengambil satu keputusan.

Bahwa,  event-event yang akan didanai oleh Indonesia Quality Tourism Fund harus mendapatkan arahan langsung dari Presiden.

BACA JUGA: Visi Menparekraf Sandiaga Uno 2024, Kerja Mudah Harga Murah

“Kami berharap posisi Indonesia dalam pembangunan kepariwisataan dunia yang telah mencapai kemajuan signifikan dapat terus meningkat,” tandas Sandiaga.

“Kualitas kunjungan pariwisata yang lebih lama dan aspek keberlanjutan lingkungan menjadi fokus utama kami,” sambungnya.

Sedangkan, Menpora Dito Ariotedjo menyampaikan bahwa dirinya diminta untuk menjadi dewan pengawas dalam Indonesia Quality Tourism Fund.

BACA JUGA: Event Lari Tahunan “Sari Ater Jambore Trail Run” 2024 Kembali Digelar, Catat Tanggalnya

“Di dalamnya terdapat dukungan untuk event-event budaya dan olahraga. Presiden meminta Menpora sebagai dewan pengawas,” ujarnya.

Dengan event budaya dan olahraga ini diharapan dukungan terhadap event olahraga internasional di Indonesia semakin meningkat.

Pemerintah berharap dapat mendorong pariwisata Indonesia ke tingkat yang lebih tinggi. Termasuk, meningkatkan kunjungan wisatawan, dan memperkuat citra Indonesia di kancah internasional. ***

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya