Prestasi di GMTI, Indonesia Raih ‘Top Muslim Friendly Destination of The Year 2024’

KLIKNUSAE.com – Indonesia kembali berjaya dengan meraih predikat “Top Muslim Friendly Destination of The Year 2024” dalam ajang Mastercard Crescent Rating Global Muslim Travel Index (GMTI).

Pemberian penghargaan yang berlangsung di Singapura Kamis, 30 Mei 2024 ini mengukuhkan posisi Indonesia. Khususnya, sebagai destinasi utama bagi wisatawan Muslim. Sekaligus, mengulang kesuksesan yang sama pada tahun 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengungkapkan rasa syukurnya atas pencapaian ini.

“Predikat ini mencerminkan komitmen kita dalam memperluas layanan pariwisata ramah Muslim,” ujar Sandiaga.

BACA JUGA: Osmena Gunawan:Mestinya Pemda Bisa Berikan Sertifikasi Halal Gratis

Ia menambahkan, pemerintah terus mempromosikan layanan yang mendukung kenyamanan wisatawan Muslim. Termasuk, memperpanjang masa tinggal mereka, serta mendorong peningkatan belanja wisatawan.

Sementara itu, pada tahun 2024 ini, pariwisata ramah Muslim di Indonesia fokus pada peningkatan sejumlah program strategis.

Beberapa di antaranya adalah sertifikasi halal untuk bisnis dan UMKM, program Santri Digitalpreneur, e-katalog Masjid Agung Indonesia, pengembangan pusat mode busana Muslim global, serta kolaborasi bilateral dengan Arab Saudi.

BACA JUGA: Indonesia Kalahkan Arab Saudi untuk Wisata Halal, Naik Peringkat Kedua

Sandiaga menargetkan 17 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 1,5 miliar pergerakan wisatawan nusantara pada tahun 2024.

“Pariwisata menciptakan lapangan kerja enam kali lipat lebih banyak dibandingkan sektor lainnya. Dan ini bisa memberdayakan masyarakat secara signifikan,” jelasnya.

BACA JUGA: Sandiaga Uno: Silang Pendapat Soal Wisata Halal, Finish

Diketahui, populasi Muslim global mencapai dua miliar atau sekitar 25 persen dari populasi dunia pada 2022.

Menurut laporan Global Muslim Travel Index 2023, angka ini diperkirakan akan meningkat menjadi 2,3 miliar atau sekitar 27 persen dari populasi dunia pada 2030.

Dengan berbagai inisiatif yang dijalankan, Indonesia berupaya untuk terus menjadi destinasi favorit bagi wisatawan Muslim dari seluruh dunia.

Alasan inilah yang mengantarkan Indonesia meraih Top Muslim Friendly Destination of The Year 2024. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya