Pesta Kesenian Bali ke-46, Ajang Menggaet Wisman dan Wisnu, Ini Penjelasan Wamenparkeraf

KLIKNUSAE.com – Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo, menghadiri pembukaan Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-46 tahun 2024.

Ajang kesenian terbesar di Bali ini bertujuan melestarikan, mengembangkan, dan mempromosikan kekayaan seni budaya Pulau Dewata.

Acara pembukaan dihadiri oleh Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Pj Gubernur Bali S.M Mahendra Jaya.

Bersama Angela, mereka membuka PKB 2024 dengan pemukulan kulkul di Taman Budaya, Denpasar, pada Sabtu, 15 Juni 2024.

BACA JUGA: Event Penerbangan 2024 Indonesia Aerospace Industry Forum Berlangsung di Pullman

PKB 2024 yang berlangsung dari 15 Juni hingga 13 Juli 2024 ini melibatkan lebih dari 13 ribu seniman dari 285 lembaga seni, termasuk sanggar, yayasan, dan desa-desa di Bali.

Tahun ini, PKB mengusung tema “Jana Kerthi Paramguna Wirakrama” dan masuk dalam jajaran Top 10 Karisma Event Nusantara (KEN) Kemenparekraf tahun 2024.

“Pesta Kesenian Bali ini selalu menjadi ajang promosi pariwisata Bali yang efektif melalui seni budaya. Selama 46 tahun, PKB telah menghadirkan beragam pertunjukan yang menampilkan kekayaan budaya Bali,” ujar Angela.

BACA JUGA: Okupansi Hotel di Kota Bandung Capai 98 Persen, Event BIFHEX tak Berdampak

Sementara itu, acara pembukaan yang dihelat di Monumen Perjuangan Rakyat Bali Bajra Sandhi ini diawali dengan Peed Aya (pawai). Dimana, sesi ini diisi atraksi gamelan prosesi Adi Merdangga dan Tari Siwa Nataraja oleh ISI Denpasar.

Pawai budaya dari sembilan kabupaten/kota se-Bali turut memeriahkan acara. Hal ini menggambarkan ragam potensi dan semangat masyarakat Bali dalam mendukung penguatan dan kemajuan budaya.

“Dengan tema ‘Harkat Martabat Manusia Unggul’ tahun ini, kita harapkan PKB dapat mengenalkan sifat masyarakat Indonesia. Yaitu, ramah, pekerja keras, dan gemar bergotong royong kepada dunia,” kata Angela.

BACA JUGA: el Hotel Bandung Kembali Gelar Event éL Run 2024

Taman Werdhi Budaya

“Semoga ini bisa menarik lebih banyak wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia,” sambungnya.

Setelah acara pembukaan, rangkaian kegiatan PKB dipusatkan di Taman Werdhi Budaya Bali atau Art Center Kota Denpasar.

Selama sebulan penyelenggaraan, PKB akan diisi dengan beragam kegiatan seperti Rekasadana (Pergelaran), Utsawa (Parade), Wimbakara (Lomba).

Kemudian, ada Kandarupa (Pameran), Kriyaloka (Lokakarya), Widyatula (Sarasehan), dan Adi Sewaka Nugraha (Penghargaan Pengabdi Seni).

BACA JUGA: Pesona Batam 2024, Tawarkan 130 Event Eksklusif untuk Wisnu dan Wisman

Angela berharap ajang ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun nusantara.

Termasuk, harapannya bisa  mencapai target pariwisata tahun ini.

“Antusiasme wisatawan, baik dalam maupun luar negeri, tidak pernah surut menyaksikan acara ini untuk mengenal Bali lebih dalam,” ujar Angela.

Turut mendampingi Angela dalam acara tersebut adalah Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani.

Hadir juga  Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Ni Komang Ayu Astiti. Serta Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya