Koko Koswara Terpilih Sebagai Ketua DPD Asperapi Jawa Barat Periode 2024-2027

KLIKNUSAE.com – Koko Koswara, akhirnya terpilih sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Perusahaan Pameran (DPD Asperapi) Jawa Barat periode 2024-2027.

Koko dipilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) VI Asperapi Jawa Barat yang berlangsung di Grand Asrilia Hotel, Kota Bandung, Rabu 26 Juni 2024.

Musda VI Asperapi Jabar yang mengambil tema “Semangat Menuju Bangkitnya Industri MICE Jawa Barat” ini diikuti lebih dari 33 peserta. Mereka merupakan anggota DPD Asperapi yang aktif dan terdaftar di wilayah Jawa Barat.

Ada dua agenda utama dari penyelenggaraan Musda VI Asperapi kali ini yaitu pengesahan laporan pertanggungjawaban pengurus periode 2020-2023.

BACA JUGA: Asperapi Jawa Barat Gelar Musda VI, Akan Memilih Ketua Baru

Koko Koswara, Ketua Asperapi Jawa Barat terpilih periode 2024-2027 ketika memberikan sambutan dalam Musda VI, Rabu 26 Juni 2024. Foto: Kliknusaec.com/Adhi

Meneruskan Program Asperapi

Dan, agenda kedua yakni pemilihan Ketua DPD Asperapi Jawa Barat untuk kepengurusan 2024-2027.

Kegiatan Musda ini dihadiri Ketua Umum ASPERAPI, Hosea Andreas Runkat, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) Jawa Barat Herman Muchtar.

Kemudian Ketua ASITA Jawa Barat Budi Aardiansjah, Ketua PHRI Jawa Barat Dodi Ahmad Sofiandi, Wakil Ketua Kadin Jawa Barat Yedi Karyadi, Kadisparbud Jabar yang diwakili Heni dan undangan lainnya.

Sementara itu Ketua GIPI Jawa Barat Herman Muchtar menyakini Koko Koswara akan bisa meneruskan program Asperapi yang sebelumnya dipimpin Dede Koswara.

BACA JUGA: Event GIIAS Bandung 2023 Belum Berdampak ke Okupansi Hotel, Ini Kata Chairman Riung Priangan

“Pak Koko bukan orang baru di dunia pariwisata Jawa Barat. Ia juga selama ini aktif dalam berbagai kegiatan asosiasi. Termasuk juga di kepengurusan GIPI,” kata Herman.

Oleh sebab itu, Herman mengingatkan bahwa masih akan banyak tugas berat yang dihadapi Asperapi ke depan. Khususnya, dalam upaya  membangkitkan kembali sektor pariwisata di Jawa Barat.

Ketua Umum Asperapi Hosea Andreas Runkat saat memberikan sammbutan dalam acara pengukuhan Ketua Asperapi Jawa Barat Periode 2024-2027, Rabu 26 Juni 2024.

Momentum Kebangkitan Industri MICE

“Musda ini harus bisa menjadi momentum kebangkitan industri MICE  pasca pandemi Covid-19 di wilayah Jawa Barat. Meningkatkan penyelenggaraan event pameran di seluruh Jawa Barat, sehingga memberikan dampak dan manfaat ekonomi bagi masyarakat,” tegas Herman.

Ditempat yang sama, Ketua Umum Asperapi Hosea Andreas Runkat mengemukakan perlunya pemerintah daerah berkolaborasi dengan asosiasi pariwisata. Termasuk Asperapi yang selama ini memang concern dalam berbagai penyelengaraan MICE.

BACA JUGA:Kadin Dukung Penuh Perjuangan GIPI Realisasikan Pembangunan Convention Hall

Sambutan Ketua GIPI Jawa Barat Herman Muchtar di Musda VI Asperapi Jawa Barat, Rabu 26 Juni 2024. Foto: Kliknusae.com/Adhi

“Barangkali di Pemda Provinsi Jawa Barat ada program swakelola tipe III, kiranya bisa melibatkan asosiasi-asosiasi seperti Asperapi, ASITA, Astindo dan yang lainnya. Supaya anggarannya terserap dan tepat sasaran,” kata Andreas.

Dibagian lain, Koko Koswara menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan untuk meneruskan kepengurusan Asperapi Jawa Barat.

“Saya ibaratkan organisasi ini seperti sopir yang membawa kendaraan. Ia harus ditopang oleh sebuah tim yang kokoh. Mudah-mudahan diawali dengan niat yang baik dan kekompakan tim, Asperapi bisa berkontribusi lebih besar untuk pembangunan Jawa Barat,” ungkapnya.

BACA JUGA:Dibalik Sukses Konser iKON, Ada Peran Besar Jojo Event, Minat ke Indonesia?

Sedangkan Dede Koswara, Ketua Asperapi Jawa Barat Periode 2020-2023 mengemukakan dirinya merasa yakin kepengurusan Asperapi yang baru nanti akan berkeja lebih baik.

“Betapa un saat ini jumlah anggota Asperapi Jawa Barat belum begitu banyak, namun saya melihat dengan kekompakan yang ada, justru akan memberikan kontribusi yang lebih berkualitas,” ujarnya.

“Pesan saya, perjuangan untuk bisa menghadirkan gedung Convention Hall harus terus dilanjutkan. Karena impian ini sudah didambakan sejak saya memimpin Asperapi. Bahkan jauh  sebelum itu, ketika Gubernur Jawa Barat masih dipimpin pak Nana Nuriana,” sambung Dede. ***

 

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya