Jawa Barat Targetkan Kunjungan Wisatawan Tahun 2024 Tembus 100 Juta

KLIKNUSAE.com – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat tahun ini menargetkan kunjungan wisatawan 2024 ( domestik) ke Jabar tembus 100 juta orang.

Sementara kunjungan wisatawan mancanegara ditargetkan sebanyak 1 juta orang.

“Kita targetkan tahun ini bisa menembus 100 juta wisatawan domestik. Dan minimal 1 juta wisatawan mancanegara berkunjung ke Jabar,” ujar Sekretaris Daerah Jabar Herman Suryatman di Kota Bandung, Jumat 7 Juni 2024.

Pernyataan Sekda ini disampaikan saat menghadiri acara Ngopi Bareng PUTRI (Ngopi) DPD Jawa Barat di Sujiva Resto & Art Space di Kota Bandung.

Hadir dalam acara tersebut Ketua DPP PUTRI Hans Manangsang, Sekjen DPP PUTRI Heni Smith, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat Benny Bachtiar serta seluruh pengelola objek wisata yang ada di Jawa Barat.

BACA JUGA: Soal Surat Edaran Study Tour, DPD PUTRI Jabar Sebut Sebagai Evaluasi

Menurutnya, target tersebut meningkat dari sebelumnya. Wisatawan domestik yang berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Jabar pada 2023 tercatat sebanyak 85 juta orang.

Sedangkan wisatawan mencanegara sebanyak 740.000 orang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Barat Herman Suryatman salam komando dengan Ketua DPD PUTRI Jawa Barat Taufik Hidayat Udjo, Jumat 7 Juni 2024. Foto: Kliknusae.com/Ist

Herman optimistis, target yang ditetapkan tahun ini dan ke depan bisa tercapai. Kuncinya adalah kolaborasi Pentahelix, salah satunya dengan pelaku jasa pariwisata.

BACA JUGA: Sekda Jawa Barat Herman Apresiasi Acara Ngobrol Bareng PUTRI, Lahirkan Beberapa Gagasan

“Saya yakin target itu bisa, asal kita bekerja, kolaborasi, sabilulungan,” ucap Herman.

Optimisme tersebut didorong dengan penguatan regulasi sektor pariwisata, peningkatan fasilitas hingga kemudahan akses ke destinasi wisata.

Meningkatkan Fasilitas dan Anggaran

“Pemprov Jabar akan memperkuat regulasi, meningkatkan fasilitas serta anggaran. Itu komitmen kami,” ungkapnya.

Herman menuturkan, pariwisata merupakan salah satu sektor strategis pendongkrak laju pertumbuhan ekonomi.

Oleh sebab itu, Pemda Provinsi Jabar menaruh perhatian tinggi terhadap pembangunan pariwisata.

BACA JUGA: Sekda Jabar Ajak Perguruan Tinggi Berkolaborasi Ciptakan Sistem AI

Sekretaris Daerah Jawa Barat Herman Suryatman saat menerima Recreation Magazine by PUTRI dari Hans Manangsang, Ketua DPP PUTRI, Jumat 7 Juni 2024. Foto: Kliknusae.com/Ist

“Laju pertumbuhan ekonomi terus kita naikkan dan salah satu sektor strategis untuk menggerakkan roda ekonomi di Jabar adalah pariwisata,” tuturnya.

“Karena itu kami memberikan perhatian yang serius terhadap pembangunan pariwisata,” sambung Herman.

Jabar memiliki potensi pariwisata melimpah yang tersebar di setiap kabupaten dan kota. Mulai dari pantai, laut, gunung hingga ekonomi kreatif.

Paket komplet yang dimiliki Jabar ini membuat kunjungan wisatawan terus meningkat setiap tahunnya.

“Industri pariwisata Jabar terus bergairah, terlihat dari kunjungan wisatawan yang selalu meningkat setiap tahunnya,” ujar Herman.

BACA JUGA: Herman Suryatman Dilantik Jadi Sekda Jabar, Ini Harapan Pelaku Industri Pariwisata

Komitmen Jabar dalam mendongkrak kunjungan wisatawan ini disambut baik oleh salah satu pelaku jasa pariwisata Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI).

Ketua PUTRI Jabar Taufik Hidayat mengatakan, pihaknya siap mendukung berbagai program pemerintah dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Kami senang Pak Sekda punya komitmen tinggi dalam memajukan pariwisata Jabar dan kami siap mendukung program pemerintah,” sebut Taufik. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya