Hutan Kota Babakan Siliwangi, Tempat Nyaman Menikmati Udara Segar

KLIKNUSAE.com – Pada akhir pekan, Hutan Kota Babakan Siliwangi atau yang lebih dikenal dengan sebutan Baksil di  Kota Bandung, Jawa Barat menyuguhkan pesona alam yang cukup indah.

Disini, pengunjung bisa menikmati udara segar, kicauan burung, dan suasana yang begitu adem.

Kebanyakan pengunjung yang datang selalu bersama keluarga, sehingga acapkali menciptakan momen indah yang terekam dalam ingatan.

Joni, salah satu pengunjung yang ditemui, menuturkan bahwa Baksil adalah tempat favorit yang tak hanya menawarkan kesejukan, tapi juga suasana yang ideal untuk bersantai.

BACA JUGA: Okupansi Hotel di Kota Bandung Capai 98 Persen, Event BIFHEX tak Berdampak

“Sebetulnya, kami kesini tidak pas akhir pekan saja. Pada hari bisa, kami juga melakukan jogging ringan disini. Sekalian kumpul-kumpul sama teman lama,” aku Joni.

Sementara itu, bagi anak-anak tempat bisa disebut sebagai sebagai “surga” bermain. Memiliki spot menarikuntuk berfoto.

Termasuk, ada  banyak penjual makanan sehingga  tidak perlu takut kelaparan.

“Kita harus jada dan rawat tempat ini. Dengan cara ini, kita juga sudah berperan dalam melestarikan paru-paru dunia, ” ujar Joni penuh syukur.

BACA JUGA: Pj Wali Kota Bandung Ajak Insan Pariwisata Keluarkan Ide Terbaik Supaya Bisa Naik Level

Melepaskan Penat

Hal yang sama juga di ceritakan Devina, yang datang bersama teman-temannya bahwa Baksil sangat nyaman untuk melepaskan penat setelah seharian bekerja.

“Kita yang bekerja di office seharian, selalu merindukan tempat seperti ini. Bisa menghirup udara segar, sekalian jogging,” katanya.

Seperti diketahui, hutan Kota Babakan Siliwangi, dengan luas 3,2 hektar dan forest walk sepanjang 2 kilometer, bukan hanya tempat rekreasi biasa.

Pada tahun 2023, hutan ini dianugerahi plakat Adipura sebagai hutan kota terbaik di Indonesia.

BACA JUGA: Empat Calon Asal Jabar Ikuti Seleksi Paskibraka Nasional, Tak Ada dari Bandung

Baksil menjadi rumah bagi 70 jenis flora dan fauna, seperti burung kutilang, burung perkutut, tupai, dan kupu-kupu, yang menambah keindahan alamnya.

Di kawasan ini, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas, mulai dari berjalan-jalan bersama keluarga dan teman, mengabadikan momen dengan berfoto.

Hingga mendapatkan edukasi mengenai flora dan fauna yang ada di hutan kota ini.

Para pengunjung juga akan didampingi oleh tour guide yang siap memberikan informasi mendalam mengenai keanekaragaman hayati di Baksil.

BACA JUGA: Pj Wali Kota Bandung Bakal Hidupkan Kembali Teras Cihampelas, Jadi Destinasi Wisata

Kelestarian Hutan Kota

Bahkan, ada program menarik yang disebut “Jadi Sultan” alias Jalan Kaki di Sejuknya Lingkungan Hutan.

Sesi pertama berlangsung pukul 10.00-11.00 WIB dan sesi kedua pukul 14.00-15.00 WIB, dan acara ini gratis serta terbuka untuk umum.

Namun, untuk menjaga kenyamanan dan kelestarian hutan kota, pengunjung diharapkan mematuhi peraturan yang ada.

Tidak diperbolehkan berlari di area forest walk, membawa senjata tajam atau barang terlarang, merokok, serta merusak fasilitas atau melakukan vandalisme.

BACA JUGA: Apa Kabar Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung

Pengunjung juga diimbau untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan parkir di area yang telah disediakan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam sambil belajar tentang flora dan fauna di Hutan Kota Babakan Siliwangi.

Ajak keluarga dan teman untuk merasakan pengalaman yang menyenangkan dan edukatif ini. Mari kita jaga dan lestarikan bersama hutan kota kebanggaan Bandung! ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya