Bandung Masih Menjadi Magnet Wisatawan Malaysia, Belasan Blogger dan Media Ikuti FamTrip

KLIKNUSAE.com – Kota Bandung dan sekitarnya masih menjadi magnet wisatawan Malaysia. Banyak warga negeri jiran ini menjatuhkan pilihan berwisata ke Jawa Barat.

“Tidak pernah surut, warga Malaysia masih memilih Bandung (Jawa Barat) untuk berlibur. Menikmati view destination yang tersebar di beberapa daerah, seperti di Cirebon, Kuninagan, Majalengka dan yang lainnya,” kata Aryadi Ramadhan, Konsul KJRI Penang, Malaysia, saat menghadiri acara Dinner West Java Familiarization Trip to Cirebon & Bandung, Jumat malam 7 Juni 2023 di Gedung Sate.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar.

Lalu, Ketua Gabungan Industri Pariwisata Jawa Barat (GIPI) Herman Muchtar, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat Dodi Ahmad Sofiandi.

BACA JUGA: Jawa Barat Targetkan Kunjungan Wisatawan Tahun 2024 Tembus 100 Juta

Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Herrie Hermanie Soewarma dan beberapa perwakilan asosiasi lainnya.

Menurut Aryadi, pihaknya sangat surprise dan tidak menyangka jika kehadiran rombongan Fam Trip dari Penang, Malaysia ini mendapatkan sambutan yang luar biasa

“Terus terang, ini menjadi kejutan bagi kami, ternyata sambutan di Bandung luar biasa. Semua asosiasi hadir. Ini menandakan industri pariwisata di Jawa Barat berjalan cukup baik, dengan kekompakan para stakeholder-nya,” kata Aryadi.

Sesi foto bersama. (Kliknusae.com/adhi)

BACA JUGA: Sekda Jawa Barat Herman Apresiasi Acara Ngobrol Bareng PUTRI, Lahirkan Beberapa Gagasan

Aryadi pun memperkenalkan bahwa rombongan berjumlah 13 yang mengikuti program FamTrip ke Cirebon dan Bandung ini meliputi travel blooger, influencer, dan jurnalis media dari Malaysia.

Sementara itu Benny Bachtiar mengemukakan bahwa untuk destinasi di Bandung Raya kini sudah “kerepotan” menerima kunjungan wisatawan.

Berwisata ke Ciayumajakuning

“Oleh sebab itu, kami berusaha keras, sedikit menggeserkan wisatawan ke Ciayumajakuning ( Cirebon, Indramayu, Majalengka, dan Kuningan),” jelasnya.’

BACA JUGA: 16 Asosiasi Dibawah Naungan PHRI Solid Memperjuangkan Kebangkitan Pariwisata

Ditambahkan Benny, kawasan wisata di Cirebon juga tidak kalah menariknya dengan Bandung Raya. Tidak saja kulinernya, tetapi juga budayanya.

“Bahkan wisata alamnya juga cukup menarik. Termasuk wisata belanja. Jadi, para wisatawan mudah-mudahan akan betah,” tandasnya.

“Ini yang juga menjadi target kami, sehingga mungkin wisatawan dari Malaysia akan melihat tidak saja Bandung saat di Jawa Barat, tapia da daerah lainnya yang alamnya juga sangat indah,” sambung Benny.

Para ketua asosiasi pariwisata saat hadir di acara Welcome Dinner West Java Familiarization Trip to Cirebon Raya & Bandung, Jumat malam, & juni 2024. Foto: Kliknusae.com/Adhi

BACA JUGA: Cycling de Jabar 2024 Bakal Dorong Kunjungan Wisatawan ke Kawasan Ciayumajakuning

Sebagaimana diketahui, selama ini Cirebon Raya memang memiliki banyak sekali alternatif pilihan wisatal. Ada wisata budaya, wisata religi, wisata alam, wisata kuliner, dan wisata belanja.

Begitu pun, wisata olahraga yang ada di Majalengka, dimana salah satunya yakni sport tourism Paralayang yang selama ini menjadi daya tarik unggulan untuk menarik wisatawan.

Oleh karenanya,lanjut Benny, pihaknya berharap acara fam trip  ini dapat memberikan Gambaran. Utamnya, bagi para delegasi pariwisata dari Malaysia berkaitan dengan potensi wisata yang ada di Ciayumajakuning. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya