Pondok Kreatif Parapat Diresmikan, Menparekraf Pesan Ini

KLIKNUSAE.com  – Pondok Kreatif Parapat di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara diresmikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Hari ini lahirlah pondok kreatif yang menjadi tempat anak-anak muda berkreasi. Terutama di subsektor musik, tepatnya world music,” kata Menparekraf  Sandiaga Salahuddin Uno dalam laman resminya, Minggu 26 Februari 2023.

Bersamaan dengan menghadiri pelaksanaan event internasional kejuaran balap perahu F1 Powerboat, Sandiaga melanjutkan kunjungan kerjanya ke kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatra Utara.

Salah satunya yakni singgah ke Kabupaten Simalungun untuk memberikan motivasi kepada para kaum muda untuk melahirkan kreatifias berkesenian, Sabtu 25 Februari 2023.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Minta Menparekraf Lakukan Re-Branding Danau Toba

Menparekraf Sandiaga menyampaikan Pondok Kreatif Parapat ini awalnya dibentuk oleh berbagai komunitas kesenian yang ada di Parapat. Dan dibangun di atas lahan yang semula adalah rawa-rawa yang terbengkalai.

Ditambahkan Sandiaga, selain musik, wadah  ini juga memfasilitasi komunitas-komunitas pegiat seni lainnya seperti seni lukis dan juga kriya.

“Ini bisa membuka peluang menjadi destinasi wisata baru dan juga membuka peluang usaha karena target kita adalah 4,4 juta lapangan kerja baru di 2024,” katanya.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Raih Penghargaan Indonesia Man of The Match in Tourism 2022

Melalui kehadiran komunitas ini, Sandiaga berharap berbagai event internasional bisa dihadirkan di Parapat.

Terutama event-event yang berhubungan dengan world music.

Meningkatkan Kualitas Karya

Selain itu, Sandiaga menuturkan Kemenparekraf berkomitmen untuk meningkatkan kualitas karya para pelaku kesenian di Pondok Kreatif Parapat.

Utamanya, dengan memberikan pelatihan dan pendampingan.

“Saya juga ingin agar anak-anak muda yang punya semangat berkreasi ini juga diberikan fasilitasi promosi dan kesempatan tampil misalnya di Poltekpar Medan,” ujar Sandiaga.

BACA JUGA: Ini Medan Bung, Berkunjunglah ke 10 Kafe Instagramable Ini

Sementara itu, Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, mengapresiasi peresmian Pondok Kreatif Parapat.

“Dengan hadirnya Pondok Kreatif Parapat ini artinya sudah bertambah satu lagi destinasi wisata baru,” kata Radiapoh.

Peresmian ini juga diisi dengan pertunjukan musik serta tari kreasi dari komunitas anak muda Toba.

Dalam peresmian ini, Sandiaga didampingi Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

Dan Plt. Direktur Poltekpar Medan, Ngatemin. Turut hadir pula Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun, M. Fikri F. Damanik. Serta, Ketua Komunitas Pondok Kreatif Parapat, Ando Sipayung. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya