Kemenparekraf Ajak Mitra Co-Branding Perkuat Kolaborasi di 2023, Siapa Saja?

KLIKNUSAE.com – Di penghujung tahun 2022, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengajak mitra co-branding Wonderful Indonesia memperkuat kolaborasi di tahun 2023.

Caranya, dengan menyusun rencana aksi nyata bersama. Dari sini diharapkan bisa mendorong percepatan kebangkinan ekonomi. Khususnya, dari sector pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kemitraan yang ada tidak hanya memberikan keuntungan bagi masing-masing pihak. Tapi secara maksimal turut mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat,” kata Menparekraf Sandiaga Uno seperti dikutip Kliknusae.com dari laman resmi kemanparekraf, Jumat 16 Desember 2022.

Sebelumnya, Kemenparekraf menggelar  acara “Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2022”, Rabu (14/12/2022) malam.

BACA JUGA: Co-Branding Pariwisata Indonesia, Kemenparekraf Gandeng 12 Mitra di Bali

Acara ini bagian dari upaya untuk mengandeng berbagai pihak dalam membangun pariwiwisata yang berkesinambungan.

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, acara penghargaan ini merupakan sebuah manifestasi dari sebuah kolaborasi.

Namun kolaborasi ini harus dapat ditingkatkan lebih jauh dengan melakukan aksi nyata bersama dalam memaksimalkan peluang yang akan berdampak luas bagi masyarakat.

Wonderful Indonesia

“Kita jangan hanya berhenti di kolaborasi, jangan hanya co-branding saja tapi we need to start having event, (rencana) aksinya apa? Karena Wonderful Indonesia ini is a living brand, living identity,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.

BACA JUGA: Pertemuan Internasional GPDRR Momentum Mengenalkan Pariwisata Indonesia

Pemerintah saat ini terus berupaya melakukan penanganan COVID-19 dan hasilnya saat ini kondisinya jauh lebih baik.

Dengan data-data dan rencana aksi yang ada, Pemerintah dikatakan Sandiaga sedang mempertimbangkan untuk memasuki fase berikut penanganan COVID-19.

“Ini merupakan sinyal bagi kita untuk ancang-ancang. Jadi mitra co-branding harus juga mulai memikirkan apa aksi nyata kita di 2023, untuk merumuskan bagaimana kita bisa gercep, geber, dan gaspol,” kata Menparekraf Sandiaga.

Wonderful Indonesia sebagai brand equity telah menjadi identitas dari industri pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang telah dikenal di dunia.

BACA JUGA: Targetkan Masuk Wisata Halal Terbaik Dunia, Kemenparekraf Gelar ICEFF 2022 di Bandung

Menparekraf Sandiaga mengatakan, dalam country brand strategy rating, Wonderful Indonesia berada di peringkat 25. Hal ini tentu menambah daya saing pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

World Economic Forum

Terlebih, World Economic Forum (WEF) dalam laporan terbarunya menyatakan bahwa posisi Indonesia naik 12 peringkat dalam Travel & Tourism Development Index (TTDI).

“Jadi rating kita sudah di atas dari negara-negara lain. Oleh karena itu harus kita gunakan bersama untuk bisa mendapatkan kontribusi yang lebih baik kepada Indonesia,” katanya.

Kemenparekraf juga ditargetkan double dalam target wisata mancanegara. Dan ditargetkan juga double dalam pergerakan wisatawan nusantara di tahun depan.

BACA JUGA: Kemenparekraf Siapkan Anggaran 3,31 Triliun Tahun 2023, Ini Pesan DPR

“Oleh karena itu ayo kita kolaborasi sama-sama karena membangun brand bersama-sama bersifat 360 derajat,” kata Sandiaga.

“Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2022” merupakan penghargaan yang diberikan Kemenparekraf pada mitra co-branding.

Terutama, yang telah bersama-sama memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Wisman Harus Meningkat

Penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kolaborasi bersama dalam mencapai target yang lebih besar di masa-masa mendatang.

“Ini yang kita kembangkan bersama dengan mitra untuk mencapai target-target yang sudah dibebankan dan diamanahkan kepada kita,” ujarnya.

BACA JUGA: Kendaraan Listrik di Borobudur Menjadi Prioritas Kemenparekraf

“Wisman harus meningkat, wisnus harus bergerak. Kita juga harus tingkatkan nilai tambah ekonomi kreatif dan pembukaan lapangan kerja. Terutama berkaitan dengan pemulihan pandemi dan juga dari segi pendapatan pariwisata,” sambungnya.

Ditempat yang sama Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini, menjelaskan, hingga saat ini jumlah mitra Wonderful Indonesia co-branding mencapai 90 brand dan terus bertambah.

Brand Mitra Wonderful Indonesia dan co-branding tersebar di berbagai kategori. Seperti food and beverage, fast moving consumer good (FMCG), kecantikan, restoran, hotel, transportasi, alat olahraga, asosiasi, komunitas, dan lain-lain.

“Semoga penghargaan yang diberikan dapat semakin memicu dan memacu seluruh mitra. Khususnya,  dalam melakukan eksekusi program pemasaran dalam balutan brand yang kita banggakan bersama yang bernama Wonderful Indonesia,” kata Ni Made Ayu Marthini.

Penerima Penghargaan

Berikut daftar penerima penghargaan “Wonderful Indonesia Co-Branding Awards 2022”:

The Most Participative Brand

Bronze: Sea Safari Cruise

Silver: SweetEscape

Gold: KitKat

The Most Collaborative Brand

Bronze: Oppo

Silver: Generasi Pesona Indonesia (Genpi)

Gold: Hydrococo

The Most Creative Brand 

Bronze: Grab Indonesia

Silver: KA Wisata

Gold: Aice

The Most Associate Brand Exposure

Bronze: KA Wisata dan KitKat

Silver: tiket.com

Gold: Generasi Pesona Indonesia.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya