Produk UMKM Garut Bakal Dipamerkan di Event G20, Ini Pesan Menteri

KLIKNUSAE.com – Produk UMKM (usaha mikro kecil menengah) Kabupaten Garut, Jawa Barat mendapat kesempatan untuk dipamerkan dalam kegaiatan G20 Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat menghadiri acara Limbangan UMKM Expo 2022 di Garut, Minggu 9 Oktober 2022.

Ia kemudian  meminta Bupati Garut, Jawa Barat, untuk menyiapkan produk UMKM andalan sebaik mungkin. 

Seperti jaket kulit domba yang selama ini memang sudah cukup terkenal.

BACA JUGA: 4 Jajanan Khas Cirebon Hasil Olahan UMKM yang Bisa Jadi Oleh-oleh

“Saya meminta Bupati untuk siapkan produk UMKM untuk G20 nanti. Nanti produk Garut misalnya jaket kulit pasti banyak peminat dari perwakilan delegasi,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, masyarakat harus turut mendukung UMKM lokal dengan mencintai dan bangga menggunakan produk dalam negeri.

Salah satu upaya mendorong penggunaan produk UMKM negeri ialah mengadakan pameran di setiap daerah tanah air sebagaimana Limbangan UMKM Expo 2022, Garut.

Menurut Teten, interaksi ekonomi dalam pameran semacam itu akan menjadi ruang proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat.

BACA JUGA: Membludaknya Wisatawan di Jabar Tak Pengaruhi Geliat UMKM

“Expo semacam ini sangat bagus dan positif untuk mempromosikan UMKM. Kalau berlanjut, nanti disiapkan dengan baik lalu produknya dikurasi sehingga bisa masuk kalender kecamatan secara rutin agar bisa digunakan bukan hanya promosi, tapi pengembangan UMKM,” ungkap dia.

Perhelatan pameran di Garut disebut menggambarkan situasi kondusif iklim, kemudahan, dan kepastian investasi semakin baik.

Dimana ini menjadi fondasi utama pertumbuhan dunia usaha serta kemitraan investasi di daerah.

“Program seperti ini bagus, mungkin nanti kalau ada expo di seluruh Garut, seluruh kecamatan untuk produk artisannya. Jadi nanti ada kurasi sebagaimana dilakukan di Eropa, ada lomba sapi, domba, dan lainnya,” kata Menteri Teten. ***

Sumber: Antaranews

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya