Situs Gunung Padang Cianjur Tembus 50 Desa Wisata Terbaik ADWI 2022

KLIKNUSAE.com – Situs Gunung Padang Cianjur, Jawa Barat berhasil menembus 50 besar terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Pencapaian ini langsung mendapatkan apresiasi oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno

Dalam keterangan persnya yang dikutip Kliknusae.com dari laman resmi kemenparekraf, Jumat 23 September 2022, Sandiaga meyakini prestasi tersebut akan mendorong Situs Gunung Padang semakin banyak dikunjungi wisatawan.

“Selamat untuk Desa Wisata Gunung Padang, tembus 50 besar desa wisata terbaik (ADWI 2022). Dan ini adalah situs punden berundak terbesar di Asia Tenggara yang telah ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional oleh Kemendikbud pada 2014,” katanya.

BACA JUGA: Mobil Listrik Siap Digunakan Seluruh Kepala Dinas di Cianjur, Ini Yang Mau Dibeli

Desa Wisata Situs Gunung Padang ini berada di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka.

Desa ini memang dikenal luas oleh para akademisi dan arkeolog sebagai situs peninggalan zaman megalitikum.

Tidak hanya dikenal sebagai lokasi penelitian saja, desa ini juga menyuguhkan pemandangan alam yang indah berupa hamparan kebun teh dan udara yang sejuk.

Sehingga, Desa Wisata Situs Gunung Padang ini memiliki potensi wisata edukasi dan alam yang kaya.

BACA JUGA: 7 Tempat Wisata di Cianjur Dekat Stasiun Kereta, Gampang Ditempuh

Proven Business Model

Sandiaga mengungkapkan desa wisata seperti Situs Gunung Padang Cianjur  ini merupakan salah satu pilihan destinasi kunjungan wisatawan pada masa pandemi COVID-19.

Diketahui, kunjungan wisatawan ke desa-desa wisata meningkat hingga 30 persen.

“Ini adalah proven business model, yaitu model bisnis kebangkitan ekonomi yang sudah terbukti. Di mana destinasi-destinasi yang jadi andalan bisa meningkatkan perekonomian. Maka saya yakin meskipun ada potensi resesi, ini adalah jawaban kita untuk menghadapi hal tersebut,” katanya.

BACA JUGA: Taman Alun-alun Cianjur Mulai Dibuka Untuk Umum, Ini Syaratnya

Usai berkeliling dan melihat-lihat potensi wisata yang ada di Desa Wisata Situs Gunung Padang, Sandiaga kemudian menandatangani prasasti penganugerahan peringkat 50 Besar ADWI 2022 bagi desa wisata ini.

Dalam kunjungan ini Menparekraf Sandiaga didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu.

Ada juga; Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis, Brigjen TNI Ario Prawiseso.

Kemudian juga ikut dalam kunjungan tersebut ; Direktur Tata Kelola Destinasi dan Pariwisata Berkelanjutan Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua; dan Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya