Tito Karnavian Instruksikan Seluruh Kepala Daerah Pugar Anjungan TMII

KLIKNUSAE.com – Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah segera memugar anjungan mereka masing-masing di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

“Saya sudah berkomunikasi dengan rekan-rekan gubernur. Prinsipnya setuju mendukung dan kemudian Kementerian Dalam Negeri membentuk tim,” kata Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Jakarta, Minggu 17 Juli 2022.

Selanjutnya, kaitan dengan pemugaran anjungan TMII tersebut, Tito minta ara kepala daerah  turun langsung dari pintu ke pintu ke setiap anjungan.

“Buatkan klasifikasi, mana rusak ringan, sedang, berat, dan ada yang belum memiliki anjungan,” pintanya.

BACA JUGA: Wajah Baru TMII Disebut Sandiaga Uno Akan Lebih Berkelanjutan

Ia memaparkan ada 19 anjungan dengan kerusakan ringan, tapi struktur bangunannya masih bagus.

Ada pula anjungan yang rusak sedang. Selain itu, kata dia, ada juga provinsi yang belum memiliki anjungan di TMII, di antaranya Kalimantan Utara.

“Kalimantan Utara itu sudah menjadi provinsi, tapi tidak punya anjungannya. Nah nanti dikoordinasikan untuk mendapatkan lahan supaya ada anjungan,” katanya.

“Ada juga anjungan yang di lokasinya bersama, itu untuk provinsi baru saat itu, Bangka Belitung, Gorontalo, dan lain-lain,” sambung mantan Kapolri ini.

BACA JUGA: TMII Tambah Memburuk? Begini Tweet-an Netizen yang Viral

Untuk dana renovasi, dia menyebut total biaya yang dibutuhkan lebih kurang hampir Rp45-Rp50 miliar untuk seluruh provinsi.

Pendanaan itu dapat menggunakan anggaran pemerintah daerah, baik yang bersumber dari APBD ataupun CSR di daerahnya masing-masing.

“Khusus yang anjungan-anjungan ini kan Pemda, tanahnya juga dihibahkan kepada pemda. Kemudian pengelolaannya juga oleh Pemda,” kata dia.

BACA JUGA: De Park TMII, Tempat Nongkrong Anak Muda dengan Spot Instagramable

Pemerintah juga merencanakan pada akhir Agustus 2022 nanti akan menggelar kegiatan di TMII, berupa pra peluncuran yang berkaitan dengan kegiatan G20.

“Mengapa Pak Mendagri juga ikut berkunjung ke sini. Kami minta tolong kepada Pak Mendagri untuk menjamin agar masing-masing provinsi segera merenovasi memperbaiki anjungan-anjungan provinsi sesuai rancangan yang sudah dirancang Kementerian PUPR dan juga TWC,” ujarnya. ***

Sumber: Antaranews

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya