Pembangunan STEBI Al-Rosyid Bojonegoro Diresmikan, Sandiaga Beri Kuliah Umum

KLIKNUSAE.com – Pembangunan STEBI Al-Rosyid Bojonegoro Jawa Timur diresmikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahudin Uno, Rabu 27 Juli 2022.

Peresmian Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam (STEBI) tersebut ditandai dengan peletakan batu pertama di lokasi berdirinya STEBI Al-Rosyid.

Sandiaga didampingi Pimpinan Pondok Pesantren Al-Rosyid Kendal Dander Bojonegoro K.H. Alamul Huda Masyhur.

Kehadiran STEB Islam Al-Rosyid ini nantinya diharapkan mampu mencetak sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing.

Khususnya,  dalam upaya pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di Bojonegoro.

“Peletakan batu pertama untuk Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis ini nantinya yang akan mengarahkan beberapa pengetahuan tentang pariwisata dan ekonomi kreatif serta kewirausahaan,” kata Sandiaga terkait pembangunan STEBI Al-Rosyid Bojonegoro.

BACA JUGA: 60 Pejabat Lingkungan Kemenparekraf Dilantik, Ini Pesan Sandiaga Uno

La Royba Mart Al-Rosyid

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga juga turut meresmikan La Royba Mart Al-Rosyid yang harapannya dapat menjadi ruang untuk menumbuhkembangkan produk ekonomi kreatif.

Terutama yang diciptakan para santri Al-Rosyid sehingga bisa juga menjadi bagian membangkitkan ekonomi (pesantren) dari sektor kreatif..

“Ini adalah bentuk daripada implementasi transformasi ekonomi. Harapannya agar ekonomi kreatif menjadi lokomotif selain daripada Bojonegoro memiliki ekonomi ekstraktif, ada juga ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga.

“Tentunya kegiatan ini bisa membawa kemaslahatan bagi umat. Peningkatan ekonomi bagi rakyat, juga bagian dari pada upaya kita sesuai dengan arah pemerintahan Presiden Jokowi untuk menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru (di tahun 2022) untuk generasi muda kita ke depan,” sambungnya.

BACA JUGA: TIFAF 2022 Layak Masuk KEN, Ini yang Diinginkan Sandiaga Uno

Ia berharap seiring dengan perkembangan digitalisasi yang semakin maju, santri di Ponpes Al Rosyid bisa menghadirkan konten-konten digital yang kreatif dan berkualitas.

Tujuannya, agar produk yang ada di La Royba Mart Al-Rasyid bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

“Konten-konten ini bisa kita tampilkan melalui digital marketing. Tadi kita juga sudah bertemu dengan insan kreatif berbasis pondok pesantren. Dan semoga produk-produk ekonomi kreatif ini bisa menopang ekspor kita ke depan, bekerja sama dengan (PT) Pos juga,” ungkapnya.

Jadi potensinya luar biasa dan ini akan banyak peluang usaha dan lapangan kerja untuk peningkatan penghasilan masyarakat.

BACA JUGA: Sandiaga Uno Bela UAS di Singapura, Ini Alasannya

Kuliah Umum untuk Para Santri

Pada kesempatan yang sama, Menparekraf Sandiaga memberikan kuliah umum kepada para santri Pondok Pesantren Al-Rosyid dan civitas akademika STEBI Al-Rosyid.

Beberapa hal yang disampaikan Menparekraf Sandiaga berkaitan dengan hal-hal yang perlu dilakukan untuk menjadi pengusaha sukses di saat krisis melanda.

Yakni implementasi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang dibarengi dengan 3G ‘gercep’ gerak cepat, ‘geber’ gerak bersama, dan ‘gaspol’ garap semua potensi lapangan kerja seluas-luasnya.

Menparekraf Sandiaga berpesan, untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses diperlukan niat yang kuat, berani mengambil risiko, pro-active, dan yang terpenting memiliki jiwa leadership seperti Rasulullah Shallallahu ‘alaihi Wasallam.

“Pelaksanaan studium general ini untuk memotivasi para santriwan dan santriwati, mereka bisa memulai usaha belajar dari pengalaman krisis yang saya sampaikan tadi. Harapannya mereka bisa menjadi penggerak ekonomi dan bisa membawa Indonesia menjadi sejahtera, adil dan makmur,” kata Sandi.

BACA JUGA: Kalender Event Wisata Kalbar Diluncurkan, Sandiaga Dorong Anak Muda Inovatif

Ini Pesan Pimpinan Pondok Pesantren Al Rosyid

Pimpinan Pondok Pesantren Al Rosyid Kendal Dander Bojonegoro K,H. Alamul Huda Masyhur menambahkan, suksesnya generasi muda tergantung pada dua hal. Yaitu menguasai ilmu pengetahuan serta berakhlakul karimah dan berintegritas.

“Ketika dua hal diperoleh, tidak ada lagi halangan yang bisa menjadikan Indonesia maju. Kami pun sadari bahwa Indonesia sedang menghadapi tantangan yang luar biasa, tapi hal ini bisa dihadapi dengan kehadiran generasi yang kreatif, generasi yang punya mental yang produktif, mental enterpreneur dan santri digital,” kata K.H. Alamul.

“Mudah-mudahan dengan kehadiran Menparekraf ini membawa berkah buat semuanya terutama Bojonegoro. Dan usaha kita bersama ini mendapatkan rida dari Allah SWT, karena kami ingin mandiri dalam segi ekonomi supaya menjadi kuat karena itu adalah landasan dasar,” ujarnya.

Turut mendampingi Menparekraf, Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Diah Martini Paham. Hadir pula Wakil Bupati Bojonegoro, Budi Irawanto; Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Sinarto; dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bojonegoro, Budiyanto. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya