Ingin Healing di Kediri, Bandara Dhoho Oktober Siap Beroperasi

KLIKNUSAE.com  – Bagi kalian yang ingin healing di  Kediri, Jawa Timur kini akan dimudahkn oleh jarak tempuh. Pasalnya, fasilitas bandara udara pada kawasan tersebut segera beroperasi.

Kementerian Perhubungan menyampaikan  bahwa Bandara Dhoho Kabupaten Kediri, sudah mulai beroperasi sesuai dengan rencana, yakni pada Oktober 2023.

“Bandara ini dibangun dalam kurun waktu yang menurut rencana Oktober 2023 akan dipergunakan. Dengan dipergunakannya bandara ini, kami harapkan konektivitas daerah Kediri dan sekitarnya akan menjadi lebih baik. Apalagi runway dibuat sepanjang 3.300 meter,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau progres pembangunan Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur, Minggu 17 Juli 2022.

BACA JUGA: Okupansi Hotel di Jawa Barat Terendah Dibanding 5 Kota Besar Ini

Ia menjelaskan dengan runway dibuat sepanjang 3.300 meter adalah kualifikasi bandara ultimate dan mampu didarati oleh Boeing 777.

Bahkan, sesuai dengan rencana Bandara Dhoho Kediri juga akan dimanfaatkan untuk keperluan ibadah umroh dan haji.

Dengan itu, tentunya masyarakat di Kediri dan sekitarnya senang dengan pembangunan bandara itu.

“Kami harapkan ini bisa memberikan suatu kemakmuran bagi masyarakat di sekitar Kediri,” ujar dia.

Pihaknya mengapresiasi dari pihak swasta yang turut serta membangun infrastruktur, membantu pemerintah agar konektivitas bisa terwujud.

BACA JUGA: Penumpang di Bandara Haluoleo Naik Tajam, Ini Pemicunya

Bandara Dhoho Kediri merupakan salah satu proyek bandara yang dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Dalam hal ini, pembangunannya dilakukan oleh PT Gudang Garam melalui anak perusahaannya PT Surya Dhoho Investama.

“Ini bisa menjadi contoh bagi swasta lain, marilah bersama membangun fasilitas konektivitas udara, laut, darat, kereta api. Swasta join disini. Kami, Kemenhub sangat welcome dan akan memberikan suatu regulasi sebaik-baiknya,” kata dia.

BACA JUGA: Gubernur Jambi Haris Perjuangkan Bandara Kerinci Untuk Rute Haji

Dirinya menambahkan pembangunan ini tentunya ke depan juga diharapkan ada konektivitas yang baik.

Misalnya akan digunakan sebagai bandara kargo, tentunya industri-industri bis dibangun di sekitar bandara.

“Bahkan dengan cantiknya gunung itu agrowisata bisa dilakukan secara selektif sehingga Kediri menjadi satu tempat, kota yang bisa menjadi satu industri yang baik tapi juga destinasi wisata. Ini juga bisa memberikan peningkatan pendapatan bagi masyarakat sekitar,” katanya. ***

Sumber: Antaranews

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya