Cara Menghindari Kemacetan Lembang Saat Hendak Ke Objek Wisata

KLIKNUSAE.com – Bagaimana cara menghindari kemacetan Lembang saat ingin berwisata di kawasan Kabupaten Bandung Barat? Pertanyaan ini kerap muncul.

Maklum, pada hari libur, apalagi seperti lebaran tahun ini, semua kendaraan menuju lokasi tersebut. Tidak mengherankan jika, sejak dari Jalan Setiabudi, Kota Bandung terlihat kendaraan mulai mengular.

Seperti yang terlihat pada, Kamis 5 Mei 2022, antrean kendaraan wisata ini diperkirakan mengular sepanjang 3 sampai 4 kilometer.

Antrean itu dimulai dari simpul kemacetan di pintu masuk objek wisata The Great Asia Africa sampai Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kota Bandung.

BACA JUGA: Apa Saja Tempat Rekreasi di Subang, Ikuti Jejak Digital Ini

Untuk mengurai kepadatan itu, polisi terpaksa melakukan beberapa kali rekayasa lalu lintas.

Terapkan Rekayasa Lalulintas

Satlantas Polres Cimahi berkoordinasi dengan Jajaran Satlantas Polrestabes Kota Bandung akhirnya menerapkan pengaturan.

Dimana, dari arah Kota Bandung, kepolisian beberapa kali melakukan pengalihan arus lalu lintas ke jalur alternatif melalui Jalan Sersan Bajuri, Parongpong, Bandung Barat.

“Pada saat jalur arteri sudah tidak muat lagi karena banyaknya kendaraan. Maka akan kami lakukan pengalihan ke jalur alternatif,” kata Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto di Lembang, kemarin.

BACA JUGA: Suryacipta Group Siap Bangun Subang City of Industry

Selain dari arah Kota Bandung, polisi juga melakukan pengalihan arus kendaraan wisata dari arah Subang.

Jika ada penumpukan di sekitaran perkotaan Lembang, maka kendaraan dialihkan ke Jalan Maribaya.

“Nanti dari pertigaan Panorama, kendaraan yang dari arah Subang kita tekuk kiri melalui Maribaya. Kemudian kalau di Beatrix sudah tidak bisa menampung, kendaraan dari Bandung akan tekuk kiri mengarah ke Cisarua dan Cimahi,” terang Sudirianto.

BACA JUGA: Sari Ater Kembangkan Wahana River Tubing Air Panas Alami, Ini Suasananya

Pengalihan arus juga dilakukan di jalur alternatif lain yakni di Jalan Kolonel Masturi, Cisarua.

Satlantas menempatkan anggota yakni tim pengurai kemacetan sebanyak 10 personel yang nantinya akan melakukan rekayasa arus lalulintas.

“Jadi apabila terjadi kemacetan di Jalan Kolonel Masturi, kendaraan akan dialihkan ke Cihanjuang, terutama yang dari arah Patrol dan kendaraan dari arah Cisarua kami luruskan ke arah Beatrix,” tandasnya.

Lewat Tol Cipali

Nah, bagi masyarakat yang masih ingin memanfaatkan sisa Liburan Lebaran yang masih panjang ini, disarankan agar wisatawan dari Jakarta mengambil jalur lewat Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Rute ini relatif bisa memangkas waktu lebih singkat untuk bisa mencapai kawasan Lembang. Begitu pun, tidak banyak simpul kemacetan.

Wisatawan juga masih bisa mendapatkan beberapa objek wisata favorit dan tidak kalah menariknya. Seperti Sari Ater Hot Springs Ciater atau pemandian air panas alami.

BACA JUGA: Sandiaga Sebut Keberadaan Balon Udara Sari Ater Bisa Jadi Unggulan

Banyak fasilitas menarik yang disiapkan pengelola Sari Ater. Mulai dari akomodasi (bungalow & Hotel), Rafting, kuliner khas. Termasuk keunikan Curug dengan air hangatnya.

Masih ada lagi, wisata lainnya seperti Curug Koleangkak, dimana keunikan curug ini adalah airnya berwarna biru dan jernih.

Atau hamparan Kebun The Ciater dengan latar belakang Gunung Tangkuban Perahu. Wisatawan bisa menikmati, Florawisata D’Castello atau Flora de Castello Subang dengan konsep kebun bunga.

Ada juga The Ranch Ciater Subang. Disini kalian bisa “Berkuda Di Atas Awan” dengan pemandangan alam mempesona.

Terakhir, tidak kalah dengan kawasan Puncak Bogor, juga ada destinasi  Asstro Highland Resort yang menawarkan spot-spot selfie ditengah kebun teh. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya