Mudik Lewat Tol Cipali, 5 Fasilitas Ini Akan Membantu Pemudik

KLIKNUSAE.com – Mudik lewat tol Cipali (Cikopo-Palimanan) tak perlu khawatir saat harus istirahat sebentar. Karna di ruas tol ini di sediakan beberapa fasilitas yang diperlukan para pemudik.

Terutama, saat memasuki Rest Area Kilometer 86B. Tak sedikit pengendara yang memilih rest area ini sebagai tempat istirahat. Sebelum melanjutkan kembali perjalanan ke daerah tujuan, semisal ke kota-kota di Jawa.

Memang, tidak selengkap rest area besar lainnya. Namun, untuk sekedar melepaskan penat dan melepas kebutuhan jasmani, seperti buang air kecil dan lainnya, kondisi rest area ini cukup memadai.

BACA JUGA: GIPI Dukung Mudik Melalui Jalur di Luar Tol, Ini Alasannya

Berikut 5 fasilitas di rest are 86B

1. Mushala dan toilet gratis

Mushala dan toilet bersih menjadi dua fasilitas utama yang mendukung kenyamanan sebuah rest area.

Keduanya bisa ditemukan di Rest Area KM 86B. Ukuran mushala yang cukup besar tampak nyaman digunakan untuk beribadah. Meski begitu, pengunjung tidak diperkenankan untuk mandi di dalam toilet ini.

2. Kuliner di Rest Area KM 86B

Ada beberapa warung masakan nusantara terlihat menjajakan beragam lauk dan sayur. Mulai dari opor ayam, capcay, semur jengkol hingga patin bumbu kuning.

Meski belum begitu ramai, salah satu pegawai rumah makan Mamah Coet bernama Etis mengatakan bahwa warungnya telah menyiapkan banyak stok bahan untuk menyambut puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi 28-30 April 2022.

BACA JUGA: Tarif Tol Trans Sumatera Jakarta-Medan Bisa Mencapai 500 Ribu

“Persiapannya kita paling stok aja, seperti mi instan, air mineral udah banyak banget di dalam. Belanjaan lain juga udah distok sama bos, nanti sayuran diantar kemari,” kata Etis, Minggu 24 April 2022.

Sedangkan harga menu yang rumah makan Etik patok berkisar mulai Rp 5.000 hingga Rp 25.000 per porsinya.

Tak hanya kuliner Nusantara. Tersedia pula gerai makanan cepat saji dan beberapa tenda jajanan ringan yang bisa menjadi opsi bagi pengunjung.

Tempat Pengisian Saldo Elektronik

3. Supermarket

Lalu, apabila ingin membeli perlengkapan mudik seperti sabun, sampo dan keperluan lain, terdapat gerai supermarket terkenal yang berukuran cukup besar.

4. Pengisian saldo uang elektronik

Penting diketahui, sebelum melanjutkan perjalanan dan melintas di ruas jalan Tol Cipali ini, harap pastikan saldo uang elektronik mencukupi. Sebab, satu kartu uang elektronik hanya bisa digunakan untuk satu kendaraan saja.

Maka dari itu, Rest Area KM 86B juga menyediakan fasilitas mengisi uang elektronik bagi pengunjungnya.

BACA JUGA: Rest Area 229B Tol Kanci-Pejagan Boleh Buka Hotel Sebagai Layanan Destinasi

5. SPBU mini

Jika kendaraan kehabisan bensin, ada stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) mini milik Pertamina di Rest Area KM 86.

Bahkan tersedia pula satu unit sepeda motor dan mobil derek yang siap membantu, apabila ada laporan kendaraan mogok di sepanjang jalan tol.

“Kalau kendaraan mogok atau kehabisan bensin, tinggal hubungi call center di 135 saja, nanti kita datang, bawain bensin, tinggal bayar sesuai bensin yang dipesan,” kata salah satu pegawai Pertamina bernama Yono yang sedang bertugas siang itu. ***

Sumber: Kompas

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya