PHRI Mitra Super Prioritas Kemenparekraf, Ini Alasan Sandiaga Uno

KLIKNUSAE.com – PHRI mitra super prioritas bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mengimplementasikan beberapa program strategis Pemerintah.

Penilian tersebut disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno saat membuka acara Rakernas II PHRI tahun 2022 melalui daring, Rabu 9 Februari 2022.

“PHRI ini adalah organisasi yang bukan dianggap penting, tapi super prioritas bagi kami di Kemenparekraf, karena ini adalah mitra yang menjadi implementator dari berapa prorgam strategis kami,” kata Sandiaga.

BACA JUGA: PHRI Optimistis Tahun 2022 Menjadi Kebangkitan Kembali Industri Akomodasi

Ungkapan tersebut disampaikan menjawab pertanyaan peserta rakernas yang berharap Kemenparepraf bisa menjadikan PHRI sebagai bagian dari mitra penting.

Jakarta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, menilai Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) merupakan mitra super prioritas Pemerintah dalam mengimplementasikan beberapa program strategis Pemerintah.

Kerjasama Sudah Berjalan Lama

Sandiaga juga memaparkan bahwa pihaknya sudah menjalin Kerjasama dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sejak lama.

BACA JUGA: Rakernas PHRI 2022 Padang Dimulai, Jawa Barat Bersuara

Sebut saja, pada tahun 2021, dilakukan kegiatan akomodasi untuk para tenaga kesehatan (Nakes) sebagai bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Sudah kami eksekusi, bermitra dengan PHRI alhamdullilah  berjalan lancar serta penyerapannya sangat tinggi,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno membeberkan beberapa program Destinasi Super Prioritas (DSP) yang sedang dikembangkan pemerintah dalam hal wisata.

Misalnya, Candi Borobudur akan menjadi Venue Asian Tourism Forum di tahun 2023.

BACA JUGA: Pacuan Kuda di Kota Payakumbuh Sumbar Naikkan Harga Kuda, Berapa?

Kemudian, gelaran MotoGP di Mandalika Lombok, hingga Labuan Bajo yang akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dan ASEAN Summit pada 2023 mendatang.

“Jadi saya sendiri kemarin sempat berkunjung ke desa wisata Liya togo di Wakatobi. Dan kami akan ciptakan event di 5 destinasi super prioritas,” katanya.

“Memang Burobodur akan menjadi puncak dari Asian Tourism Forum tahun 2022-2023 ini. Mandalika Moto GP dan Labuan Bajo menjadi venue asian summit. Kita akan menghadirkan di Danau Toba  Formula 1 di atas air dan di Likupang. Termasuk juga akan ada world beach game,” sambungnya.

Khusus untuk Wakatobi , Sandiaga Uno ingin mengembangkan wisata bahari, karena potensinya sangat besar.

Merancang Pengembangan Sektor Pariwisata

BACA JUGA: Lamun Ombak, Rumah Makan Padang di Tempat Aslinya, Ondeh Mak..

Begitupun, pihaknya akan terus merancang rencana bersama pihak Pemerintah daerah, juga dinas pariwisata agar industri pariwisata di tanah air bisa terus berkembang.

“Nah, untuk Wakatobi sendiri saya yang terbaik itu adalah bagaimana wisata bahari yang luar biasa di Wakatobi itu bisa dikembangkan. Sedang kami rancang bersama dengan juga Dinas Pariwisata agar bisa menciptakan wisata yang betul-betul menggetarkan dunia,” kata Sandiaga.

Tak terkecuali Sumatera Barat sedang dirancang bersama Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) dan Dinas Pariwisata agar ada juga event yang betul-betul menggetarkan.

“Dan saya sepakat, ini adalah Pekerjaan Rumah (PR) kita,” tutupnya.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya