Jokowi Bakal ‘Camping’ Di Titik Nol IKN, Seperti Apa Persiapannya

KLIKNUSAE.com – Jokowi bakal ‘camping’ di titik nol nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim).

Rencana itu disampaikan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mendirikan kemah u dalam sebuah acara.

Tetapi, hingga kini waktu kunjungan bermalam Jokowi itu masih belum ditentukan.

“Pak Presiden akan bermalam, berkemah di titik nol (IKN). Waktunya masih diatur. Tapi tidak lama lagi,” ungkap Isran Noor seperti dikutip Kliknusae.com dari akun resmi Pemprov Kaltim, Senin 7 Februari 2022.

BACA JUGA: Pariwisata Kalimantan Timur Bisa Bertahan Karena 4 Cara Ini

Rencana tersebut disampaikan Isran saat mengahdiri acara acara Silaturahmi Bersama HM Sa’bani dan H Fathul Halim di Pendopo Odah Etam, pekan lalu.

Keinginan Jokowi mendirikan tenda di kawasan yang masih berupa hutan tersebut, lanjut Irsan, sebagai bukti  keseriusan memindahkan IKN ke Sepaku.

Ditentukan Dalam Rapat Terbatas

Rencana berkemah di titik nol itu disampaikan Presiden Joko Widodo kepada Gubernur Isran Noor dalam rapat singkat di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan usai pengukuhan PBNU di Balikpapan Sport Center and Convention Dome Balikpapan, Januari 2022 lalu. 

BACA JUGA: Menengok Kelurahan Mentawir, Satu-satunya Desa Wisata Kalimantan Timur

“Kami rapat hanya tiga orang. Pak Presiden, Menteri Sekretaris Negara dan saya,” kata ungkap Gubernur Isran Noor.

Kemah di titik nol IKN nanti, jelas Gubernur, sekaligus akan dimanfaatkan Presiden Joko Widodo untuk bertemu para tokoh adat di Kaltim. Mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis dan Jawa.  

Dalam acara Jokowi bakal ‘camping’ itu akan ditampilkan karya seni budaya dari beragam suku di Kaltim.  Selain itu juga akan dilakukan doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN Nusantara dari Jakarta ke Sepaku.

Untuk kelancaran acara ini, Gubernur Isran Noor meminta kepada seluruh aparat sipil, Polri, TNI dan tokoh masyarakat a agar segera berkoordinasi dengan pihak Istana Negara di Jakarta.

BACA JUGA: Wisatawan ke Saung Angklung Udjo Mulai Mengalir, Banyak Siswa Bertanya

Lokasi Berkemah Presiden Segera Ditentukan

Gubernur Isran sudah mendapat kepastian bahwa seluruh proses penyelenggaraan acara akan dibiayai oleh Sekretariat Negara.

Sementara pengaturan lokasinya akan ditentukan oleh Kementerian PUPR, TNI dan Polri.

Apa yang diinginkan Presiden Jokowi memperkuat keseriusan  dengan mimpi besarnya memindahkan ibu kota negara ke Sepaku, Penajam Paser Utara.

Apalagi, DPR RI telah memberikan dukungan dengan disahkannya UU IKN, 18 Januari 2022 lalu.

“Ini berkah luar biasa bagi Kaltim dan pemerataan pembangunan bagi Indonesia,” tegas Isran.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya