Glamping Jadi Alternatif Menginap Saat Nonton MotoGP, Ini Harganya

KLIKNUSAE.com – Glamping atau glamorous camping bisa menjadi pilihan buat kalian yang ingin nonton ajang Moto GP 2022 di Kawasan Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Baru-baru ini, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, meninjau kesiapan Glamping Kelana yang berada di kawasan Mandalika.

Tepatnya di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Glamping ini merupakan salah satu akomodasi yang disiapkan guna menunjang perhelatan MotoGP 2022.

BACA JUGA: Glamping, Menjadi Pilihan Favorit Wisatawan Saat Berlibur?

Dengan demikian,  diharapkan dapat memberikan layanan maksimal bagi wisatawan serta yang terpenting terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat dan mendorong kebangkitan ekonomi.

Akan ada dua paket yang ditawarkan di Glamping Kelana. Pertama, paket camping dimana tamu akan mendapatkan pengalaman menginap di tenda.

Harga Glamping di Mandalika

Tentu, dengan beberapa fasilitas yang tersedia. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp250.000.

Sementara untuk paket kedua yakni glamping, meliputi sarana transportasi dari Bandara ke Glamping Kelana, penginapan, dan menikmati fasilitas yang ada, dibanderol sekitar Rp600.000.

BACA JUGA: Berkemah di Alam Terbuka, Pilihan Tepat Saat Libur Lebaran di Masa Pandemi

Saat ini, Glamping Kelana baru ada 20 unit tenda dan akan terus ditambah. Targetnya akan ada 1.000 unit tenda dengan kapasitas 2.000 orang.

Hal ini sebagai langkah alternatif dalam menghadapi melonjaknya permintaan dan antusiasme terhadap MotoGP.

Lokasi Glamping Kelana di kawasan Mandalika, Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang disiapkan guna menunjang perhelatan MotoGP 2022.

“Karena minat yang sangat tinggi terhadap MotoGP, jadi akhirnya karena kreativitas bangsa kita dibuatlah tenda-tenda ini sebagai alternatif hunian,” kata Menparekraf Sandiaga Uno, Minggu 20 Februari 2022.

BACA JUGA: Jokowi Bakal ‘Camping’ Di Titik Nol IKN, Seperti Apa Persiapannya

Lokasi glamping ini, dikatakan Menparekraf, akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti toilet portabel, dan mushola.

Ada juga  panggung mini yang dapat dimanfaatkan untuk menampilkan produk-produk ekonomi kreatif dari masyarakat sekitar.

“Ini adalah inovasi, adaptasi, dan kolaborasi karena selain 1.000 tenda, nanti di depan akan ada 75 tenda glamping yang lebih besar yang disiapkan oleh Eiger. Tentu ini adalah bagian dari komitmen dan sinergi semua pihak,” katanya.

Sesuai Tren Pariwisata

Menparekraf Sandiaga menjelaskan penempatan lokasi glamping ini sesuai dengan tren pariwisata di Indonesia pascapandemi COVID-19.

BACA JUGA: Camping di Lembah Pinus Bogor, Seperti ini Rasanya

Di mana wisata berbasis alam menjadi pilihan utama bagi wisatawan.

“Mereka (wisatawan) lebih suka di alam terbuka dan kami melihat kunjungan ke desa wisata mengalami peningkatan 30 persen dan (persentase peminat) ekowisata juga naik,” ungkap Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga Uno dan Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf, Wawan Gunawan mencoba salah satu tenda Glamping Kelana di kawasan Mandalika, Desa Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang disiapkan guna menunjang perhelatan MotoGP 2022 pada Minggu, (20/2/2022).

Amenitas Pelengkap dan Prokes

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Gunawan, menambahkan pihaknya akan mengawal langsung penyiapan amenitas pelengkap dan penerapan protokol kesehatan (Prokes) di area glamping ini.

BACA JUGA: Keberadaan Homestay di Mandalika Dapat Dukungan BUMN dan PUPR

“Di sini sudah disiapkan sekitar 20 unit toilet portabel yang tentu dengan memperhatikan sanitasinya. Kita juga akan persiapkan tempat sampah, jadi kita akan kontrol dan kawal terus terkait CHSE ini,” kata Wawan.

Dalam peninjauan ini, Sandiaga juga didampingi oleh Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Gunawan; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, Lalu Mohammad Faozal; dan Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya