LPK AMA Institute Kembangkan Pelatihan Kerja Bersertifikat Industri

KLIKNUSAE.com – LPK AMA Institute makin mengukuhkan diri sebagai salah satu LPK (Lembaga Pelatihan Kerja) swasta yang go nasional.

Terhitung, sejak  11 November 2021 telah terbit sertifikat perizinan Dinas Ketenagakerjaan Kota Bandung yang menambah ruang lingkup program pelatihan kerja di LPK AMA.

Ada enam program pelatihan kerja yang ditambahkan tersebut, yakni:

  1. Pariwisata
  2. Perhotelan
  3. Bahasa Inggris Terapan
  4. Soft skills & Communication
  5. Digital Marketing
  6. Olahraga Minat Khusus (Gateball)

Dengan penambahan program ini maka LPK AMA Institute sebagai LPK berbadan hukum serta terakreditasi memenuhi syarat untuk menyelenggarakan pelatihan kerja di seluruh wilayah Indonesia.

Sebagaimana diketahui, AMA Institute  merupakan unit bisnis dari PT. Tigamas Utamasari (Holding Company).

BACA JUGA: Karyawan Perhutani Ikuti Quick wins Rebranding LPK AMA Institute

Satu dari enam anak perusahaan yang bergerak di beberapa sektor. Diantaranya pada bidang Hotel & Resort, Taman Rekreasi, Kawasan Pariwisata, dan Travel Agent.

Ada juga, Retail & Storage, Media Digital Jurnalistik, dan Tourism Operator & Consulting. Semuanya, berkedudukan di Kota Bandung, Jawa Barat.

Sudah 1.230 Peserta Latih AMA Institute

Aktivitas Pelatihan Kerja pada tahun 2021 tercapai sejumlah 1.230 peserta latih. Diantaranya menjadi mitra penyedia pelatihan kerja bagi DISBUDPAR Kota Bandung DISPARPORA Kabupaten Subang.

Kemudian, DISPARPORA Kabupaten Cianjur, DISBUDPAR Kabupaten Bandung, DISPARPORA Kabupaten Majalengka, DISPARBUD Jawa Barat.

Dilanjutkan kemudian, PERUM PERHUTANI JABAR BANTEN, KOPKAR RS. Hermina, KONI Jawa Barat, Hotel & Restoran, Asosiasi Usaha dan Profesi, hingga SMK-SMK Pusat Keunggulan di Jawa Barat.

BACA JUGA: AMA Institute Turut Berperan Dalam Peningkatan Kompetensi SDM Unggul

Sedangkan pelatihan yang dilakukan adalah Pelatihan Kerja Berbasis Kompetensi. Yakni keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja.

Disamping juga tentu, produktivitas, disiplin, sikap, etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

Semua dilaksanakan, dengan langsung menggunakan skema program jabatan di Industri.

Termasuk, bersertifikat industri, serta sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Disamping program-program pelatihan kerja tersebut, LPK AMA Institute bersama Sari Ater Group sebagai industri dunia kerja swasta konsisten melaksanakan Program Pemagangan Dalam Negeri.

Rentang waktunya yakni dari tahun 2019 mencapai total 100 orang peserta pencari kerja.

BACA JUGA: AMA Institute Teken MoU Dengan PJTKI, Siap Mencetak SDM TKI Berkualitas

Baik pemagangan mandiri yang dibiayai perusahaan, maupun pemagangan yang difasilitasi oleh Dinas Pemerintah Daerah setempat.

Hal ini Sesuai amanat PERMENAKERTRANS nomor 6 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Pemagangan Negeri yang menyatakan antara lain :

Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung.

Baik, di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang berkompetensi dalam proses produksi barang atau jasa di perusahaan dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

BACA JUGA: PHRI Minta Dana Pelatihan Dialihkan Ke Dana Tunai

Penyelenggara pemagangan adalah perusahaan yang memenuhi persyaratan untuk menyelenggarakan Pemagangan di Dalam Negeri.  Perusahaan harus memiliki:

a. Unit Pelatihan;

b. program Pemagangan;

c. sarana dan prasarana; dan

d. Pembimbing Pemagangan atau instruktur.

Misi LPK AMA Insitute

“ The Partner of Growing Talents “

VISI

Menjadi Lembaga Pelatihan Kerja terpadu yang berorientasi pada Prestasi dan Budaya Profesional dalam persaingan global dengan berlandaskan kepada Integritas, Etika dan Kompetensi.

Resolusi LPK AMA Institute 2022

  • Menjadikan LPK AMA Institute sebagai “the partner of growing talents” yakni mitra dalam bertumbuh kembangnya SDM kompeten professional. Berdaya saing tinggi bagi instansi, perusahaan, organisasi, asosiasi, maupun individu di Indonesia.
  • Memberi bimbingan teknis peningkatan kompetensi karyawan sebagai jalan karir dan profesi.
  • Melatih lebih dari 500 orang para pencari kerja (pengangguran) dalam pelatihan kerja suatu jabatan profesi langsung di industri dunia kerja. Sehingga akan meningkatkan keterserapan tenaga kerja oleh industri dunia kerja.
  • Berkolaborasi sebagai MITRASDUDI dengan SMK dan Perguruan Tinggi Vokasi dalam mendukung kualitas pelajar/mahasiswa. Utamanya, berorientasi industry dan meningkatkan keterserapan pada dunia kerja atau wirausaha.
  • Melakukan  program pemagangan dalam negeri dan pemagangan luar negeri, untuk berkontribusi dalam penurunan angka pengangguran di Indonesia.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya