Pemerintah Rencanakan Kartu Vaksin Jadi Syarat Masuk Wisata

KLIKNUSAE.Com – Pemerintah berencana untuk menjadikan kartu vaksin sebagai syarat masuk bagi pengunjung yang datang ke tempat wisata. Rencana tersebut didukung oleh Wakil Wali Kota Yogyakarta.

Gagasan tersebut datang dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan usai meninjau vaksinasi massal di Gedung Setda Kabupaten Sleman, Jumat, 06 Agustus 2021.

Luhut mengatakan bahwa penggunaan kartu vaksin nantinya akan dijadikan syarat bagi masyarakat yang hendak berkunjung ke tempat umum termasuk destinasi wisata.

BACA JUGA: Kebun Binatang Bandung Dapat Bantuan Pakan dari Dinas Kehutanan

“Kita sekarang sedang nyiapin pelan-pelan, semua nanti jalan akhirnya ini nanti mengubah gaya hidup kita nanti,” kata Luhut di Kantor Bupati Sleman, Jumat, 6 Agustus 2021.

Tak hanya kartu vaksin yang akan dijadikan syarat bagi pengunjung yang hendak datang ke tempat wisata, penerapan protokol kesehatan juga tetap menjadi ketentuan mutlak yang harus dijalankan.

“Yang mau masuk Malioboro harus punya kartu vaksin. Orang yang masuk Malioboro harus pakai ini (masker). Jadi nanti kalian pergi ke restoran nggak pakai ini tolak, belanja nggak pakai ini tolak,” kata Luhut.

Sementara Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan, persyaratan tersebut sebenarnya sejalan dengan aturan rangkaian PPKM selama ini. Khususnya, terkait syarat perjalanan luar daerah.

Kartu vaksin memang diwajibkan untuk para pelaku perjalanan luar daerah selain harus menunjukkan surat bebas COVID-19, macam hasil negatif tes antigen atau PCR.

“Otomatis begitu masuk di tempat wisata seperti Malioboro, mereka juga harus membawa keterangan telah divaksin,” kata Heroe di Shelter Rusunawa Bener, Tegalrejo, Kota Yogyakarta, dilansir kliknusae.com dari Akurat, Jumat, 06 Agustus 2021. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya