Bansos Untuk Warga Kota Bandung Akan Cair Minggu Ini

KLIKNUSAE.com – Penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi warga Bandung yang terdampak akan dicairkan minggu ini. Pendataan calon penerima bansos akan diambil dari wilayah RT dan RW.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4 Level 3 dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali pada Senin (2/8/2021).

Aturan ini menjadi acuan teknis pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat di Jawa dan Bali yang kembali diperpanjang pada 3-9 Agustus 2021.

Kepala Dinas Sosial Bandung, Tono Rusdiantono mengatakan bahwa bansos yang berupa uang tunai sebesar Rp500 ribu untuk setiap penerima akan disalurkan minggu ini.

“Diperkirakan penyaluran bantuan sosial akan rampung minggu ini,” kata Tono kepada wartawan dalam konferensi pers Bandung Menjawab, Selasa, 03 Agustus 2021.

Sebelumnya, pemerintah Kota Bandung telah menyalurkan bantuan sosial kepada 41.853 penerima selama PPKM darurat berlangsung. Angka tersebut masih belum mencapai target sebanyak 60.000 penerima.

Tono menyebutkan bahwa bansos kali ini akan menyasar sekitar 17.000 penerima yang datanya akan diambil dari RT atau RW setempat.

“Jadi untuk data sasaran penerima itu akan kami ambil dari wilayah RT dan RW, karena mereka lebih mengetahui kondisi calon penerima bantuan,” kata Tono.

BACA JUGA: UNESCO Minta Proyek Pembangunan Pulau Komodo Berhenti

Adapun kriteria target sasaran bantuan sosial yakni warga miskin dan tidak mampu, buruh harian, pekerja informal, lansia, dan disabilitas.

“Selain itu, warga yang belum pernah menerima bantuan dari pemerintah pusat dan warga yang terpapar virus,” katanya.

Lalu, Tono menyebutkan bahwa pihaknya telah diperiksa oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hingga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk teknis pelaksanaan penyaluran bantuan tersebut.

Sementara, salah satu pedagang di kawasan Stasiun Bandung mengaku belum pernah mendapat bantuan sekalipun.

Kabar serupa datang dari sejumlah wilayah di Bandung seperti kelurahan Cigending, Turangga dan Pasigaran tentang minimnya sosialisasi penyaluran bansos.

***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya