Kasus Covid Meningkat, Bagaimana Penjelasan Perhimpunan Dokter?

BANDUNG, KLIKNUSAE.com – Lonjakan angka penularan virus Covid-19 kian tinggi. Terhitung, dalam rentang waktu satu bulan, angkanya naik 500 persen.

Berdasarkan data kasus harian dari Satgas COVID‐19 pada 15 Mei 2021, angka penambahan kasus COVID‐19 yaitu  2385  kasus.  Tercatat pada tanggal 15 Juni terdapat 8161 kasus, 16 Juni terdapat 9.944 kasus, dan 17  Juni 2021 sebanyak 12.624 kasus.

Jika dibandingkan dengan data 15 Mei, terjadi peningkatan kasus  pada  tanggal 17  Juni  sekitar  500%,  diikuti  dengan  peningkatan  kasus kematian berkaitan dengan COVID‐19.

Perhimpunan 5 profesi dokter memberikan keterangan tertulisnya terkait lonjakan angka kasus positif Covid-19 lewat konferensi pers di Jakarta pada Jumat, 18 Juni 2021.

Perhimpunan dari 5 profesi dokter meliputi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit  Dalam Indonesia (PAPDI), Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (PERDATIN) dan Perhimpunan  Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI).

Dalam keterangan tertulis tersebut dikatakan bahwa pemerintah melakukan penerapan pembatasan yang efektif.

“Agar  pemerintah  atau  pihak  yang  berwenang  memastikan  implementasi  serta penerapan PPKM yang maksimal,” tulis salah satu poin dalam pernyataan tersebut.

Lalu, dalam pernyataan tertulis yang dikeluarkan oleh perhimpunan dokter tersebut juga mengatakan bahwa pemerintah harus segera cepat tanggap dalam melakukan vaksinasi ke seluruh lapisan masyarakat.

“Agar  pemerintah  atau  pihak  yang  berwenang  melakukan  percepatan  dan memastikan vaksinasi tercapai sesuai standar,” kata salah satu poin dalam pernyataan tersebut.

Tak lupa, masyarakat juga dihimbau agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, menjaga kesehatan serta tidak panik.

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya